KPPBC Manado Musnahkan Jutaan Batang Rokok dan Minol

0
67
Pemusnahan rokok ilegal yang dilakukan KPPBC Manado

Manado, Sulutreview.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Manado dan KPPBC TMP C Bitung menggelar pemusnahan barang hasil penindakan rokok dan minuman beralkohol (minol) ilegal di halaman belakang kantor Bea Cukai Manado, Rabu (25/11/2020).

Berdasarkan catatan KPPBC Manado, terdapat 1.259.552 batang rokok ilegal dengan berbagai jenis dan merk dan 9.997 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal dengan berbagai golongan dan merk yang dimusnahkan.

“Hari ini jajaran Kanwil Direktorat bea dan cukai Sulawesi Utara, khususnya satuan kerja Kanwil, satuan kerja KPPBC TMP C Bitung dan kantor pengawasan bea cukai Manado bersama-sama melakukan pemusnahan hasil penindakan yang dilakukan secara administratif. Ini kita lakukan sebagai bukti bahwa proses penyelesaian pelanggaran cukai dilaporkan publik kepada masyarakat sehingga ada efek kepada masyarakat untuk tidak lagi membeli barang ilegal dan efek kepada produsen untuk tidak memproduksi barang ilegal. Hal ini juga mencegah kerugian negara dan demi melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal,” kata  Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi  Bagian Utara, Cerah Bangun kepada media.

Selain barang-barang milik negara, sebut Cerah, terdapat pula MMEA yang telah kadaluarsa dan tidak layak konsumsi. Atas barang tersebut akan dilakukan pemusnahan sebanyak 26.400 botol.

Untuk pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dengan menggunakan tungku pembakaran.

“Proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar melalui tungku pembakaran untuk rokok. Selanjutnya, yang digilas dengan alat berat untuk MMEA,” tukasnya.

Dalam pelaksaan pemusnahan ini tetap memerhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Barang yang dimusnahkan merupakan barang karena cukai yang ditindak karena melanggar Undang-Undang No. 39 Tahun 2007 tentang Cukai, yaitu tidak dilekati pita cukai, dilekati cukai palsu dan juga bekas, serta dilekati pota cukai yang bukan peruntukannya,” terangnya.

Barang-barang ilegal yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan yang dilakukan bea cukai bersama TNI/Polri, Kejaksaan, Pemerintah Daerah selama periode 2018 sampai 2020 dan telah mendapat persetujuan pemusnahan oleh Menteri Keuangan melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Cerah Bangun menghimbau kepada masyarakat agar patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan khususnya bidang kepabeanan dan cukai, melaporkan kepada kantor bea cukai terdekat apabila ditemukan adanya pelanggaran kepabeanan dan cukai melalui nomor telpon (0431) 7285335 dan email : kanwilbc.sulbagtara@gmail.com atau bcmanado@gmail.com atau juga beadancukaibitung@gmail.com.

“Diharap masyarakat patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya bidang kepabeanan dan cukai,” pungkasnya.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here