Distribusi Surat Suara, KPU Prioritaskan Wilayah Kepulauan

0
164
KPU Sulut memulai tahapan distribusi surat suara

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai melakukan distribusi surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, untuk distribusi surat suara diprioritaskan pada wilayah kepulauan.

“Untuk distribusi perdana kita mulai dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro. Karena prioritas kita adalah mendahulukan daerah, guna mengantisipasi keadaan cuaca yang tidak menentu. Di mana bulan-bulan seperti ini, kondisi geografis wilayah kepulauan itu lebih sulit,” kata Mewoh di Kantor KPU Sulut, Minggu (15/11/2020).

Mewoh menambahkan, KPU telah menargetkan sejak awal, untuk menyasar wilayah kepulauan.

“Kita menargetkan sejak awal wilayah kepulauan itu didahulukan. Dan itu sudah kita lakukan, kita memang serius sungguh-sungguh mendistribusikan logistik pemilihan terutama logistik surat suara tepat waktu,” katanya kembali.

Usai gelombang pertama, distribusi akan kembali dilakukan. Yakni wilayah daratan yang ada di 12 kabupaten/kota.

“Untuk gelombang pertama kita dahulukan kepulauan, gelombang kedua nanti untuk 12 kabupaten/kota yang ada di wilayah darat,” ujarnya sembari menambahkan pada 21 November 2020 mendatang surat suara sudah ada di Manado.

“Kita targetkan 21 November 2020 surat suara sudah ada di Manado dan selanjutnya akan diteruskan ke kabupaten/kota. Dengan demikian 22 November 2020 surat suara itu sudah ada di kabupaten/kota,” sebut Mewoh.

Sementara itu, untuk tahapan dan waktu pelaksanaan pilkada, sebut Mewoh semuanya on scedule. Dalam artian semuanya mengacu tahapan yang ditetapkan.

Turut hadir dalam distribusi surat suara perdana Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

Untuk distribusi surat suara dari provinsi ke kabupaten/kota, menurut Kapolda, sesuai dengan ketentuannya, aparat kepolisian menjamin proses pendistribusian aman.

“Untuk itu setiap kali proses pengiriman mulai dari percetakan sampai dengan kita mengirim ke kabupaten/kota dilakukan pengamanan dan pengawalan dari pihak kepolisian. Itu mekanisme yang sudah kita buat dan disepakati bersama,” tandasnya.

Diketahui, pengerjaannya pencetakan surat suara dilakukan oleh PT. Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, sebagai penyedia. Perusahaan jasa ini juga menjadi penyedia yang mencetak surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Sulut.

Turut hadir, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti dan jajaran, Bawaslu Sulut dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro.(lina)

Rincian Distribusi Surat Suara

1. Kabupaten Kepulauan Talaud

1) jumlah kertas suara 71.266 lembar kertas suara
2) jumlah keseluruhan 36 box ( 35 box terisi @2000 kertas suara)
3) terdapat 1box yang isinya 1266 lembar kertas suara

2. Kabupaten Kepulauan sangihe

1) jumlah kertas suara 108.992 lembar kertas suara
2) jumlah keseluruhan 55box ( 34 box terisi @2000 kertas suara)
3) terdapat 1box yang isinya 992 lembar kertas suara

3. Kabupaten Kepulauan Sitaro

1) jumlah kertas suara 54.122 lembar kertas suara
2) jumlah keseluruhan 28 box ( 27 box terisi @2000  kertas suara)
3) terdapat 1box yang isinya 122 lembar kertas suara

Sumber : KPU Sulut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here