Aholiab Narasiang Wakili Sulut Tanding KSN di Tingkat Nasional

0
776

Manado, Sulutreview.com – Aholiab Miracle Marfiel Narasiang, siswa kelas 8 SMP Providensia National Plus, berhasil menjadi pemenang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP Tingkat Kota Manado dan Provinsi Sulut, bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Bahkan atas prestasinya, Aholiab kini mewakili Provinsi Sulut untuk tanding di tingkat nasional.

Aholiab yang adalah putra bungsu dari Ir. Benny Narasiang, STh. MT dan ibu Mary Morasa, SE. SPd., saat ini berusia 12 tahun, merupakan utusan Provinsi Sulawesi Utara pada  KSN Tingkat Nasional bidang IPA, yang digelar sejak tanggal 1 sampai 6 November 2020 di Jawa Barat.

Hal itu didasarkan Surat Keputusan dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 2322/J3/PD/2020, Tentang Penetapan Peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat Nasional Tahun 2020.

Aholiab, yang lahir di Manado 5 Desember 2007 ini, adalah satu-satunya siswa SMP dari Kota Manado yang tembus KSN untuk bidang IPA.

Atas capaian prestasi yang diraih sehingga menuju tingkat nasional itu, Aholiab menyatakan rasa syukurnya kepada Tuhan.

Dia merasa sangat senang dan gembira, ketika dinyatakan sebagai pemenang tingkat kabupaten/kota dan menjadi utusan Sulawesi Utara (Sulut) mewakili siswa SMP.

“Dapat mengikuti kompetisi di tingkat nasional tentunya sangat membanggakan. Karena dapat bertemu dengan teman-teman se Indonesia walaupun hanya lewat aplikasi zoom, dan ini merupakan suatu kesempatan yang tidak akan terlupakan,” katanya.

Akibat kendala pandemi Covid-19, maka perlombaan KSN tingkat kota/kabupaten yang biasanya setiap tahun diadakan secara luar jaringan (luring), namun untuk tahun 2020 pertama kali ini melalui daring.

Diketahui, peserta akan menggunakan aplikasi dari tim KSN pusat di media laptop untuk mengerjakan soal dan mereka dipantau dari pusat melalui GPS.

Pengisian jawaban secara real-time sebanyak 50 soal pilihan ganda dan 10 essay dalam waktu 2 jam. Seleksi diadakan 15 oktober 2020, yang sebelumnya diadakan bebrapa kali simulasi,  sempat mengalami gangguan dikarenakan jaringan internet.

Walaupun belajar daring, Aholiab tetap mendapat bimbingan secara intensif dari para guru IPA SMP Providensia, di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Sylvia Manihuruk, SPd., dan ditambah belajar mandiri di rumah.

Untuk berkompetisi, Aholiab senantiasa berdoa kepada Tuhan supaya diberikan kepintaran dan kesehatan dalam mengikuti lomba, baik tingkat kota bahkan tingkat nasional yang dimulai 1 November 2020. Di mana pembukaan KSN dimulai pukul 15.00 Wita.

Aholiab berharap dapat memberikan hasil terbaik dalam KSN IPA tingkat Nasional, yang walaupun diselenggarakan secara daring.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here