Wali Kota Dorong Kaum Perempuan Ikut Memutus Mata Rantai Covid-19

0
60
Wali Kota GS Vicky Lumentut mengatakan pentingnya peranan kaum perempuan dalam kehidupan rumah tangga, lingkungan serta memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

Manado, Sulutreview.com – Peran perempuan dalam memutus mata rantai Covid-19 memdapat apresiasi Wali Kota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA.

Sekitar 150 peserta yang hadir dalam sosialisasi ini yakni ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kelurahan Perkamil.

Lumentut mengatakan pentingnya peranan kaum perempuan dalam kehidupan rumah tangga, lingkungan serta memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

“Di mata saya perempuan punya pengaruh yang besar bagaimana mau menghentikan penyebaran Covid19, di mata saya perempuan punya peran dan peluang yang terbuka besar untuk membantu pemerintah dan gugus tugas dalam menghentikan Covid19 ini,” ungkap Lumentut dalam kegiatan sosialisasi peran kaum perempuan dalam memutus mata rantai Covid19 di Kelurahan Perkamil yang dilaksanakan di gereja Katolik St. Mikhael Perkamil.

Turut hadir mendampingi wali kota, drg. Sanil, Glennstiano Kowaas selaku Camat di Kecamatan Paal Dua, Mario Pundoko SE selaku Lurah di kelurahan Perkamil dan Kepala-kepala Lingkungan (Pala) Perkamil, Kamis (22/10/2020).

Lebih lanjut Lumentut mengambil contoh dalam Alkitab yang mengatakan bahwa perempuan diciptakan sebagai penolong untuk laki-laki.

“Penolong lebih kuat lebih sabar dari laki-laki pada yang ditolong. Tapi ingat ibu-ibu Suami adalah kepala keluarga, suami adalah tiang utama dalam ekonomi keluarga. Suami bertanggung jawab terhadap maju mundur nya ekonomi keluarga. Suami punya kewajiban untuk menjaga kebutuhan keluarga namun suami tetap harus ditolong, apalagi dalam masa sulit seperti ini. Apa yang perlu di tolong pada suami dalam masa pandemi ini? Yaitu mengingatkan suami untuk tidak lupa dan jaga jarak ketika akan keluar rumah,” jelas nya.

Lumentut berharap peranan perempuan dalam menghentikan penyebaran Covid-19 berpengaruh pada jumlah Covid-19 di Kota Manado.

“Saya berharap dengan adanya peranan perempuan dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 sehingga berpengaruh pada jumlah yang ada saat ini, harapan saya jumlah Covid-19 di kota Manado berada pada warna hijau,” kata Lumentut.

Disamping itu, Glennstiano Kowaas, SH, MH selaku camat di Kecamatan Paal Dua mendukung apa yang menjadi giat dan program Walikota Manado.

“Peran perempuan dalam memutus mata rantai Covid-19 seperti apa yang telah disampaikan oleh Walikota Manado khusus untuk kecamatan Paal Dua, kami selaku pemerintah yang ada di wilayah kecamatan Paal Dua juga menunjang segala apapun yang menjadi giat-giat maupun menjadi program dari pemerintah kota Manado dalam hal ini pak Walikota Vicky Lumentut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

“Kita mengikuti semua anjuran pemerintah lewat wali kota sehingga kita bisa memutus mata rantai yang ada sehingga penyebaran Covid-19 ini tidak lagi berkembang sesuai dengan apa yang kita harapkan,” jelas Kowaas.

Dengan adanya pandemi Covid19 ini sangat berpengaruh sekali untuk masyarakat dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam putaran ekonomi yang ada.

Kowaas mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai dari penyebaran pandemi Covid19 ini.

“Jadi mari kita sama-sama selaku pemerintah dan masyarakat saling bergandengan tangan dalam memutus akan penyebaran Covid19 terlebih khusus di kecamatan Paal Dua sehingga kita dapat merasakan kehidupan normal sebelum adanya Covid19,” tutup Kowaas.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here