Ekspor Sulut ke Jepang Dongkrak Neraca Perdagangan Surplus 40,44 USD

0
58
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat melakukan launching Direct Call perdana ke Jepang Jumat (25/09/2020).

Manado, Sulutreview.com – Aktivitas perdagangan Sulawesi Utara (Sulut) kian menggeliat menyusul dibukanya kran ekspor perikanan ke Narita-Jepang, yang merupakan gagasan strategis Gubernur Sulut, Olly Dondokambey di tengah pandemi Covid-19.

Pada flight perdana Sulut telah mengekspor produk senilai  66.000 Dolar AS, menggunakan pesawat Garuda Indonesia A 330-200 dengan rute Jakarta-Manado-Tokyo. Hal itu diikuti dengan sukses Direct Call ke II sebanyak 16,5 ton ikan.

Dikatakan Kepala Dinas Perdangangan dan Industri Provinsi Sulut, Edwin Kindangen, dampak positif dari ekspor ke Jepang, kini
neraca perdagangan Provisi Sulawesi Utara pada bulan Agustus 2020 mengalami surplus sebesar 40,44 Juta USD.

“Hal ini menunjukan bahwa geliat ekspor Sulut meningkat signifikan. Dibuktikan dengan adanya ekspor edisi ke II Direct Call ke Jepang yang mengangkut produk perikanan dan pertanian total ekspor sebanyak 16,5 ton komoditas Sulut,” ungkapnya.

Sementara itu, kesempatan Direct Call juga dimanfaatkan daerah sekitar, yakni Maluku yang mengekspor 8.5 ton berupa ikan tuna segar. Sedangkan dari Sulawesi Utara 7 ton ikan tuna segar dan 1 ton bawang merah.

“Ekspor ke Jepang ini dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia cargo diangkut dari bandara International Sam Ratulangi Manado,” sebut Kindangen.

Diketahui program ekspor ini direncanakan setiap hari Rabu berangkat pada pukul
23.30 Wita dengan waktu tempuh selama 5 jam dan tiba pada pukul 06.30 waktu setempat di bandara Narita Tokyo Jepang.

Pemerintah Provinsi Sulut bersama instasi terkait mengharapkan dengan dibukanya jalan tol Manado Bitung maka kepada para pelaku usaha dan eksportir di sektor perikanan dan pertanian serta sektor lainnya dapat memanfaatkan Direct Call tersebut semaksimal mungkin.

“Khususnya Sulut, mau pun di wilayah Indonesia timur lainnya,” tukasnya.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here