Sualang Siap Perjuangkan Nasib Buruh Bagasi

0
114
Richard Sualang saat menggelar reses di pelabuhan Manado

Manado, Sulutreview.com – Pekerjaan buruh bagasi yang memiliki pendapatan tidak tetap, menjadi perhatian khusus dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, dr Richard Sualang.

Sualang yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Manado ini, melakukan kegiatan reses II tahun 2020 dengan memilih lokasi pelabuhan Manado.

Sualang melakukan kegiatan reses kali ini, harapannya dapat menjaring aspirasi dari para buruh bagasi yang ada di Pelabuhan Manado.

Dalam resesnya, Sualang memaparkan visi misi nya sebagai anggota dewan dan meminta dukungan serta doa bilamana terpilih sebagai wakil wali kota Manado.

Dalam reses ini pun, Sualang membuka forum tanya jawab, beberapa peserta yang sebagian besar adalah buruh bagasi memberikan pertanyaan terkait kesejahteraan hidup mereka sebagai pekerja buruh bagasi di pelabuhan Manado.

Menanggapi pertanyaan dari para buruh, Sualang berjanji akan memfasilitasinya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Kita siap fasilitasi mereka untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ini bagus sekali. Semoga mereka bisa segera dibantu, nanti kita akan sampaikan ke pihak BPJS. Supaya para buruh bagasi bisa segera memperoleh kartu BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Sualang.

Buruh yang lainnya juga mengeluhkan terkait lahan pekerjaan mereka dan retribusi yang dianggap terlalu tinggi.

Terkait pertanyaan mengenai lahan pekerjaan dan retribusi, Sualang mengatakan perlu adanya komunikasi antara pemerintah provinsi dan pihak PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) selaku pengelola. “Tujuannya, supaya Pelindo tidak hanya mengelola lahan di sini, tapi para buruh bagasi juga harus dikelola. Supaya mereka tertib,” tandasnya.

“Diharapkan juga harus ada organisasi yang bisa melindungi dan mengayomi para kawan-kawan buruh bagasi. Ini nantinya akan segera kita sampaikan pada pemerintah. Dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga merupakan fraksi dari pemerintah akan secepatnya menyampaikan aspirasi ini,” tutup Sualang.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here