BI Rilis Uang Peringatan Kemerdekaan 75

0
188
Begini penampakan uang pecahan kertas yang beredar di media sosial

Manado, Sulutreview.com – Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI), menjadi momentum istimewa bagi Bank Indonesia.

Hal itu ditandai dengan dirilisnya Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 pada Senin (17/08/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Arbonas Hutabarat menyebutkan, sebagaimana yang dituangkan dalam undangan kepada media, bahwa uang baru ini, akan diluncurkan pada pukul 12.15 WITA.

“Peluncuran uang baru akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan ke 75 RI, melalui live streaming pada Youtube Channel Bank Indonesia mulai pukul 12.15 WITA,” bunyi undangan Minggu (16/08/2020).

“Usai peluncuran akan dilanjutkan dengan
pemberian Token of Appreciation UPK 75 dari Bank Indonesia ke Forkopimda Sulut di Kantor Gubernur pada acara Penurunan Bendera mulai pukul 17.00 WITA,” sebut kalimat di undangan.

Untuk di tingkat pusat, peluncuran bakal dilakukan Gubernur BI Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Juga bakal dilakukan peresmian commemorative coin atau pengeluaran uang logam rupiah khusus.

Diketahui, sebagaimana yang tercatat dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia, bahwa uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan BI, untuk memperingati peristiwa atau tujuan tertentu.

Dengan demikian uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya. Dalam artian, uang rupiah khusus itu, terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung).(hil/kcm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here