Lomba Kreativitas Kolintang, Perebutkan Piala Menkominfo

0
166

Manado, Sulutreview.com – Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia bekerja sama dengan Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Kebudayaan Daerah dan Kemkominfo bakal menggelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual pada tanggal 10 hingga 29 agustus 2020.

Lomba tersebut digelar dalam rangka menyambut perayaan HUT ke-75 RI dan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),  di mana ansamble musik kolintang kayu Minahasa sebagai nominator warisan budaya takbenda UNESCO, ingin menjunjung budaya lokal agar tak tergeser peradaban modern.

“Lomba tersebut memperebutkan piala Menkominfo dengan total hadiah sebesar Rp50 juta,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Jendry Sualang.

Kategori yang dilombakan terdiri atas kolintang original dan kolintang kreativitas milenial dengan karya cipta dan penyanyi terbaik.

Kegiatan digelar sebagai bagian kepedulian dari pemerintah yang bekerja sama dengan komunitas seni. Tujuannya untuk turut membantu dan memberdayakan para seniman dan pelaku seni di tengah pandemi Covid-19.

Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengajak para bupati dan wali kota se Sulut agar dapat mengimbau pimpinan gereja dan para seniman atau pelaku seni di daerah masing-masing untuk mengikuti kegiatan ini.

Sebab, selain membawa manfaat secara ekonomi kegiatan ini menjadi sarana atau media bagi seni pertunjukan agar tetap dinikmati masyarakat secara luas dan berdampak positif bagi para seniman dan komunitas seni yang ada di Sulut.

Jadwal Kegiatan lomba kreativitas kolintang virtual sebagai berikut :

– Pengiriman video ke panitia paling lambat 10 Agustus 2020 .

– Panitia upload ke YouTube PINKAN Indonesia paling lambat 10-11 Agustus 2020 .

– Voting Like Video peserta 11-18 Agustus 2020

– Pengumuman 5 Finalis masing-masing kategori 19 Agustus 2020.

– Perekaman video dan audio dari Tim Kominfo 20-27 Agustus 2020.

– Grand Final 29 Agustus 2020.

Adapun tim penilai terdiri atas Dirjen Aptika Kominfo, Dirjen Kebudayaan Kemdikbud dan PINKAN Indonesia.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here