Wagub Usulkan Sekolah Belikan Gadget Siswa tak Mampu

0
252

Manado, Sulutreview.com – Wabah Covid-19 yang berdampak pada kelangsungan belajar mengajar, menuai sejumlah masalah. Terutama saat munculnya kebijakan belajar dari rumah, yang mewajibkan siswa belajar dengan menggunakan gadjet.

Persoalannya, tidak semua siswa memiliki peralatan teknologi tersebut, sehingga aktivitas belajar pun terhambat.

Menyikapi hal itu, Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw menyatakan keprihatinan dan meminta pihak sekolah agar memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membelikan gadget siswa yang tak mampu.

“Belajar dari rumah dengan memanfaatkan gadjet ini memang efektif, karena dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19. Namun masalahnya tidak semua siswa punya gadjet. Nah, untuk mengatasi persoalan ini, sekolah dapat memanfaatkan dana BOS. Namun teknisnya perlu dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan,” ungkapnya Kamis (6/8/2020).

Bukan hanya itu, terkait proses belajar mengajar, Kandouw juga mengingatkan guru yang SDM nya kurang agar mengupgrade diri. Sehingga beban belajar bukan hanya bertumpu pada siswa. Dalam artian jangan, di masa pandemi ini hanya mencari cara mudah dengan memberikan tugas kepada siswa, tanpa edukasi.

“Jangan karena SDM tidak mampu guru hanya memberi tugas, atau hanya membuka buku tanpa ada penjelasan lebih lanjut. Wah ini dapat mengakibatkan hilangnya generasi,” tandasnya.

Sementara itu, terkait belajar jarak jauh yang dipengaruhi jaringan komunikasi internet. Wagub mengatakan akan berkoordinasi dengan Kemkominfo, sehingga tidak tergganggu.

“Sudah menjadi underline Pak Gubernur untuk mengatasi persoalan ini, sehingga proses pembelajaran jarak jauh berjalan lancar,” tukasnya.

Menurut evaluasi yang ada, wagub mengakui bahwa sarana dan prasarana di sejumlah daerah di Sulut belum maksimal, karena masih ada kendalanya.

“Pak Gubernur sudah hubungi Menteri Kominfo supaya diupayakan tidak lagi ada blank spot,” ungkap wagub.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here