Keluarga Pasien Positif Covid-19 Asal Minsel Jalani Tes Swab

0
555

Amurang, SULUTREVIEW

Pasca dirilisnya hasil tes swab pasien positif Covid-19 asal Minahasa Selatan (Minsel), yang ditandai sebagai pasien dengan kasus nomor 80, yakni seorang warga berumur 46 tahun, langsung diikuti dengan tindakan medis.

Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bertindak cepat dengan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap 11 orang yang merupakan Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) dengan pasien.

Saat ini mereka diisolasi untuk kemudian menjalani tes swab.

“Ketika mendapatkan informasi dari Gugus Tugas Provinsi Sulut, kami langsung melakukan tracking. Dari penyelidikan ada 11 warga yang ditetapkan sebagai KERT. Mereka langsung diisolasi dan menjalani tes swab. Dan sekarang masih menunggu hasilnya,” ujar Kadis Kesehatan Minsel dr Erwin Schouten, Kamis (14/05/2020).

Lanjut dikatakannya saat ini sedang dilakukan juga penyelidikan epidemologi oleh tim surveilans dari 11 warga yang masuk KERT.

“Ini perlu kita lakukan untuk menelusuri penyebaran Covid-19 maupun asal usul dari terjangkitnya nomor 80 asal Minsel. Untuk warga kami mintakan tetap tenang. Tinggal di rumah dan mengikut protokol kesehatan yang ditetapkan. Mari kita sama-sama mencegah penyebarannya,” jelas Schouten.

Sebelumnya diketahui pasien nomor 80 yanng dinyatakan positif pada 12 Mei ini, tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Bethesda Tomohon sejak tanggal 6 Mei.

Hasil pemeriksaan pertama dan kedua dikatakan negatif. Namun saat menjalani test ketiga kali, hasilnya positif. Korban sendiri tidak punya riwayat perjalanan keluar daerah transmisi lokal ataupun kontak erat dengan pasien positif.(noh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here