Bayi dan Tenaga Kesehatan Terinfeksi Covid-19, Sulut Catat 53 Kasus

0
790

Manado, SULUTREVIEW

Jumlah pasien positif Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut), bertambah 6 kasus. Dengan demikian berdasarkan update data tercatat jadi  53 kasus.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel MPH, merinci pasien nomor 48 adalah seorang bayi perempuan berumur satu tahun yang berasal dari Minahasa.

Ironinya, bayi ini tidak memiliki riwayat perjalanan. Namun ketika ditelusuri, kedua orang tuanya memiliki mobilitas yang tinggi. Yakni setiap harinya melakukan perjalanan Manado-Minahasa.

“Tidak ada riwayat perjalanan, tetapi orang tuanya memiliki mobilitas yang tinggi dengan akses Manado-Minahasa. Dan Berdasarkan hasil survey juga diketahui, ada tetangga yang datang dari transmisi lokal Covid-19,” ungkap Dandel pada press conference, Sabtu (9/5/2020).

Lanjut kata Dandel, untuk pasien 49 adalah seorang laki-laki umur 29 tahun berprofesi sebagai tenaga kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan yang ada di Kota Manado.

“Demikian juga dengan pasien nomor 50 seorang laki-laki umur 30 tahun asal Manado, yang bersangkutan juga berprofesi sebagai tenaga kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan yang ada di Manado,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pasien positif nomor 51 seorang laki-laki umur 54 tahun asal Manado. “Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan,” ujarnya.

“Untuk pasien nomor 52 adalah seorang perempuan umur 50 tahun asal Bolaang Mongondow Utara, juga tidak ada riwayat perjalanan. Demikian juga pasien nomor 53 seorang laki-laki asal Bolaang Mongondow Timur, yang bersangkutan merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta,” tandasnya.

Selain itu, Dandel juga mengabarkan progress yang baik terhadap pasien sembuh yang jumlahnya ada 9 orang.

“Kabar baiknya, hari ini ada 9 orang yang terkonfirmasi sembuh. Mereka adalah kasus 21, 22, 23, 24, 25, 32, 36, 40 dan 43,” rinci Dandel.

Selanjutnya, sebut Dandel sampai saat ini masih terdapat 22 pasien yang dirawat intens di rumah sakit rujukan. “Rumah Sakit Prof Kandouw 1 orang,  Popundayan 1 orang, RSUD Teling 10 orang, Anugrah 1 orang Liunkendage 1 orang, Siloam Paal Dua ada 3 orang, Bolmut 3 orang, Ratatotok 1 orang,” katanya.

Menariknya, sebut Dandel dari 250 sampel yang terlapor, masih ada 14 sampel yang sedang diverifikasi.

“Hasilnya akan kita lihat besok,” tandasnya.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here