Diangkut Pesawat Hercules, Ribuan APD dan Masker Tiba di Sulut

0
533

Manado, SULUTREVIEW

Ribuan Alat Alat Pelindung Diri (APD) dan masker untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) tiba di Sulawesi Utara (Sulut).

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana SE menandatangani berita acara serah terima barang kesehatan berupa APD sebanyak 80 koli sekitar 4000 dan masker 10 koli sekitar 20.000 buah.

Bantuan tersebut selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Minggu (5/4/2020).

Alat kesehatan berupa APD dan Masker ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang di angkut dari Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang.

Pemerintah pusat melaksanakan pendistribusian APD ke Sulawesi Utara dengan menggunakan pesawat TNI AU sesuai instruksi Panglima TNI.

Setelah tiba di Lanud Sam Ratulangi, seluruh Crew pesawat langsung di periksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan Disinfektan.

Proses bongkar muat Alat kesehatan APD dan masker ini, langsung mendapat pengawasan dari Danlanud Sam Ratulangi beserta para perwakilan Forkopimda yang hadir.

Pada kesempatan itu Danlanud Sam Ratulangi menyampaikan, ” Bantuan ini sudah yang kedua kalinya, jika yang pertama menggunakan pesawat TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim, untuk yang saat ini menggunakan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang.

“TNI AU melalui Lanud Sam Ratulangi¬† mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19, kami membantu mendistribusikan Alat Pelindung Diri dan Masker yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar Covid 19,” ungkap Danlanud.

Setelah diterima, oleh pihak BPBD dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulaweai Utara, APD dan masker yang diterima dari pemerintah pusat tersebut langsung diangkut dengan menggunakan mobil box milik Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk selanjutnya tim Gugus tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara kemudian akan segera menyalurkan ke puskesmas, beberapa rumah sakit rujukan, dan tiga rumah singgah.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here