ODSK Oplos Captikus Jadi Handsanitizer, Bakal di Share ke Masyarakat

0
757
Captikus siap dioplos jadi handsanitizer

Manado, SULUTREVIEW

Akibat kelangkaan alat perlengkapan kesehatan seperti handsanitizer yang digunakan untuk mensetrilkan tangan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK) menyiasatinya dengan memanfaatkan produk Captikus.

Hasil olahan pohon aren ini bakal diracik atau dioplos menggantikan alkohol yang posisinya saat ini juga langka di pasaran.

Penggunaan Captikus ini merupakan upaya substitusi atau pengganti alkohol, sebagai bahan untuk membuat handsanitizer sangat tepat.

Melalui penggunaan Captikus, maka akan mengangkat kearifan lokal yang sangat praktis dimanfaatkan untuk menangkal Coronavirus Disease (Covid-19).

Menurut Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw bahwa, dengan langkahnya handsanitizer di pasaran maka Gubernur Olly berinisiatif dan memerintahkan agar bisa membuat handsanitizer dari bahan dasar Captikus.

“Handsanitizer yang langkah dipasaran ternyata boleh disiapkan dengan bahan-bahan lokal seperti Captikus, dengan catatan alkoholnya harus kadar 50 persen,” terangnya kepada wartawan, Rabu (18/03/2020).

Dijelaskan Wagub lagi, larutan berbahan Captikus ini bisa dipakai untuk penyemprotan disinfektan dan membersihkan tangan.

“Tentunya ini bisa diikuti oleh kabupaten dan kota lainnya sebagai solusi kelangkaan cairan disinfektan dan handsanitizer,” harapnya.

Wagub menambahkan, saat ini ada sebanyak 30 galon masing-masing 30 liter Captikus dengan kadar alkohol 50 persen dari UMKM Tareran dan akan diolah malam ini dan rencananya besok akan didistribusikan ke masyarakat.

“Setelah diracik handsanitizer ini akan dishare atau dibagikan kepada masyarakat,” tandasnya.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here