Pemkab Mitra Gelar Sosialisasi Peningkatan Mutu PAUD Tahun 2020

0
299
Pemkab Mitra melalui Dinas Pendidikan, saat menggelar sosialisasi tentang PAUD di Resto Tombatu

Mitra, SULUTREVIEW – Dalam rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan perkembangan flsik anak untuk mempersiapkan anak masuk pada pendidikan dasar, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pendidikan, menggelar kegiatan Publikasi dan Sosialisasi PAUD, bertempat di Resto Tombatu, Kamis (5/3/2020).

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Mitra Ascke Benu, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk menyampaikan kepada stakeholder yang ada, didalamnya ada Hukum Tua, Lurah, serta pengurus PKG.

“Minimal dalam sosialisasi ini, dapat diketahui apa itu PAUD, bagaimana mekanisme, fungsi, maupun pengembangan PAUD di setiap desa dan kelurahan. Jangan hanya karena adanya dana desa sehingga seluruh kepala desa langsung berlomba-lomba untuk mendirikan bangunan PAUD,” ujar Benu

Benu menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk kelancaran operasional di tiap lambaga yang ada di Bidang PAUD dan Dikmas khususnya para Penyelengara lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Mitra.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh stakeholders harus bekerjasama dan saling bahu membahu untuk merealisasikannya, yakni pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta pengelola PAUD, dan lingkup terkecil yaitu keluarga,” tukasya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Mitra Yovita Sualang menambahkan, pelaksanaan program PAUD adalah salah satu tahapan penting dalam mempersiapkan generasi masa depan.

“PAUD adalah salah satu fokus dari Pemkab Mitra dan juga menjadi fokus Presiden Jokowidodo yang diharapkan adanya keterlibatan dari semua pihak,” jelasnya

Lebih lanjut Yovita Sualang menuturkan, pelaksanaan pendidikan anak usia dini sejalan dengan tujuan pembangunan desa dan menjadi poin signifikan dalam komponen indeks desa membangun. Untuk itu, peran serta dari pemerintah baik Kelurahan dan Kecamatan beserta pendidik dalam Pendidikan Anak Usia Dini bekerja sama dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas.

“Saya harap, lewat kegiatan sosialisasi ini, pemerintah yang ada di masing-masing Kecamatan dan Kelurahan serta kepala lembaga PAUD untuk dapat berperan aktif untuk memajukan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas,” pungkas Yovita Sualang.

Turut menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Kadis PMD Mitra Royke Lumingas, Tenaga Ahli pelayanan sosial dasar satker P3MD Sulawesi Utara Billy Kawuwung. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here