Jazilul Fawaid Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen SDM

0
251

Jakarta, SULUTREVIEW

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid peroleh gelar Doktor Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), dengan disertasi berjudul Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014-2019, di hadapan Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Jakarta Senin (17/2).

Menurut Jazilul Fawaid, tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh rekrutmen, kompetensi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja anggota DPR RI 2014-2019. Yang dilakukan di kantor MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, mulai Januari 2018 menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian survei dan teknok analisis jalur.

“Penggunaan metode survei dimaksudkan untuk menerangkan atau menggambarkan fenomena yang sedang dipelajari mengenai beberapa variabel yang memengaruhi dalam suatu diagram jalur,” ujarnya.

Populasi penelitian ini adalah 560 anggota DPR 2014-2019. Penyebaran kuisioner dilakukan terhadap 233 anggota DPR 2014-2019. Disertasi diajukan kepada Pascasarjana UNJ dalam rangka memenuhi persyaratan memperoleh gelar doktor Ilmu Manajemen, Konsenterasi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Saat membuka pemaparan dengan menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan disertasi. “Terima kasih untuk guru politik saya, Dr. Muhaimin Iskandar,” tutur Jazilul Fawaid.

Sementara itu bertindak sebagai Penguji Senat adalah Guru Besar Tetap UNJ Prof. Dr. Ma’ruf Akbar, M.Pd, Dosen Tetap Fakultas Ekonomi UNJ Dr. Mardi, M.Si, dan Penguji Luar Profesor Riset dan Ahli Peneliti Utama LIPI Prof. Dr. Lili Romli, M.Si. Sidang promosi doktor dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Fadel Muhammad, Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat. Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar dan Aziz Syamsuddin, para politikus sekaligus anggota DPR Fraksi PKB Cucun Ahmad Samsu Rijal, Fathan Subchi, dan lain-lain. Hadir pula anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu.

Rektor UNJ Dr. Komarudin mengatakan, sangat bangga bisa menyelenggarakan sidang promosi promovendus Jazilul Fawaid, yang akan mempertahankan disertasi berjudul “Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014-2019.”(rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here