Passing Grade CPNS Capai 44,57 Persen, Kualitas Pendidikan Sulut Membaik

0
941

Manado, SULUTREVIEW

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw memantau langsung jalannya pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Manado, pada Rabu (5/2).

Pada kesempatan itu Kandouw menyampaikan apresiasi, bahkan bangga sebab CPNS yang lulus passing grade mencapai 44,57 persen atau sebanyak 1.013 peserta dapat mengikuti tes lanjutan, dari total 5,781 se Sulut dan 2,273 di tingkat provinsi.

Mereka akan berebut 519 formasi yang disiapkan provinsi untuk tahun anggaran 2020.

“Tahun ini, sesuai laporan BKN yang lulus passing grade di atas 40 persen, jauh melampaui hasil tahun lalu yang tidak sampai 5 persen. Ini menunjukkan kualitas pendidikan kita semakin baik,” kata Kandouw.

Persaingan ketat yang diterapkan dalam proses seleksi, sambung Kandouw, akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan perhitungan, satu berbanding 10.

“Tahapan seleksi ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang terbaik di antara yang baik. Karena itu jika nanti dinyatakan lulus seleksi jadilah teladan dan role model yang baik. Jangan berikan contoh yang buruk pada generasi,” tandasnya.

Kandouw pada kesempatan itu, memantau langsung jalannya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan mekanisme Computer Assisted Test (CAT).

“Terima kasih kepada BKN yang telah memfasilitasi jalannya seleksi,” ujar Kandouw sembari menambahkan bahwa dalam seleksi hanya mengedepankan prosefesionalitas dan integritas. “Tidak ada unsur curang karena proses seleksi mengedepankan integritas,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala BKN Regional XI, Wakiran mengatakan seleksi CPNS untuk SKD sudah masuk pada sesi yang ke-26, dari total 58 sesi yang akan selesai pada yanggal 11 Februari 2020.

“Peserta yang sudah menyelesaikan seleksi kompetensi dasarnya dari jumlah 2,273 terdapat 1,013 yang memenuhi passing grade atau sekitar 44,57 persen. Ini adalah persaingan yang ketat,” sebutnya.

Diketahui, dalam penyelenggaraan SKD, selain diikuti oleh pelamar umum juga diikuti oleh formasi khusus atau disabilitas sejumlah 11 peserta.

Jerry Pratasik (31) tahun penyandang disabilitas, mengaku bersyukur dapat mengikuti seleksi.

“Harapan saya dapat lulus seleksi supaya dapat mengajar di SLB,” ujarnya.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Gammy Kawatu, Ketua Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum dari Fraksi PDIP, Vonny Paat dan Kepala BKN Regional XI, Wakiran dan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Andra Mawuntu.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here