web analytics

Pemkab Mitra Ikuti Penilaian Kabupaten Sehat Kategori Wiwerda

Pemkab Mitra Ikuti Penilaian Kabupaten Sehat Kategori Wiwerda

Mitra, SULUTREVIEW – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengikuti penyelenggaraan Kabupaten dan Kota Sehat 2019, dalam rangka Minahasa Tenggara menuju Swastisaba Wiwerda, Selasa (08/10/2019).

Tim Penilaian dari Kementrian Dalam Negeri RI Aris Munandar SE.MM, Tim Penilai dari Kementrian Kesehatan Lucky Aris Suryono selaku JFU Subdit PUTK turut didampingi jajaran Asisten Setda Mitra di antaranya Asisten 1 Yani Rolos, Asisten 2 Joutje Wawointana, Asisten 3 Frits H Mokorimban dan para kepala dinas, serta Kabag Humpro Arnold Mokosolang.

Dalam kunjungan Kantor Sehat, diwakili Dinas Dukcapil Mitra, Kepelayanan Kesehatan Puskesmas Ratahan, Sekolah SD Negeri 2 Ratahan sebagai Sekolah Sehat, Kepelayanan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ratahan, hasil Industri Masyarakat Desa Pangu, Rumah sehat Desa Liwutung Satu, dan berakhir di Desa Lobu tentang penilaian Kesehatan Panggan.

Ketua Tim Penilai Aris Munandar dalam kesempatan itu mengatakan, kunjungan yang dilakukan guna menguji peningkatan predikat Mitra sebagai Kabupaten Sehat dari tingkat Padapa menjadi Swastisaba Wiwerda. Pihaknya mengapresiasi keinginan Pemkab Mitra untuk terus meningkatkan layanannya bagi rakyat Mitra.

“Ini bukan kali pertama bagi Kabupaten Minahasa Tenggara, karena tahun 2017 sudah meraih Kabupaten Sehat tingkat Padapa. Di tahun 2019 ini pemerintah daerah mengajukan untuk naik tingkat. Artinya ingin melihat keberhasilan-keberhasilan dalam 2 tahun ini. Tingkat peningkatan yang hendak diraih, sesuai tema, menuju Swastibasa Wiwerda,” ujarnya.

Iapun dalam kesempatan itu, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pemerintahan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Pemerintah daerah sangat bagus. Kami melihat, sistim perencanaan, mekanisme sudah berjalan dari beberapa lintas sektor, baik di Kecamatan, desa dan kelurahan, bersinergi dengan baik,” jelasnya

“Kami tim bukan penentu dari Penilaian Kabupaten Sehat, tetapi yang menentukan yaitu sidang pleno. Namun demikian, kami sangat mengapresiasi atas dukungan dari seluruh Pemkab Mitra yang turut mendampingi penilian tersebut. Saya rasa sendiri teman-teman sudah mengetahui hasil yang nantinya akan didapat di Kabupaten Mitra, “tukasnya.

Sementara itu, Asisten 1 Pemkab Mitra Yani Rolos dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berupaya semaksimal mungkin sehingga penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Mitra bisa berjalan dengan baik.

“Terimakasih untuk semua pihak yang sudah mendukung upaya dari pemerintah kabupaten, sehingga semua dapat berjalan dengan baik. Kami ucapkan terimakasih secara khusus juga untuk Tim dari Kementerian yang sudah datang di Kabupaten Minahasa Tenggara. Sekiranya kalau ada kekurangan supaya dapat dimaafkan,” pungkasnya. (Jul)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply