web analytics

Binaragawan Sulut Menuju PON di Bandung

Binaragawan Sulut Menuju PON di Bandung
Danias Manangkalangi (75 Kg) dan Benny Kaunang (85 Kg) di GOR Tri Lomba Juang, Bandung.

MANADO, SULUTREVIEW

Cabang olahraga (Cabor) Persatuan Angkat Berat, Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga setelah mampu menerobos 5 besar di pentas Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 yang diselenggarakan di GOR Tri Lomba Juang, Kota Bandung 17-29 Agustus 2019.

Dua atlet, Danias Manangkalangi (75 Kg) dan Benny Kaunang (85 Kg) masuk lima besar dari masing-masing kelas yang diperlombakan.

Hal ini patut di apresiasi setelah PON 2016  Bandung tak ada keterwakilan Sulut.

“Jadi cabor binaraga adalah cabor ketiga dari Basket dan Dancesport yang memastikan diri lolos ke PON Papua,” kata personil Tim Kerja Pra PON, Doortje Tamunu saat menghubungi wartawan dari Bandung, Minggu (18/8) malam.

PABBSI Sulut mengutus 4 atlet namun hanya 2 atlet yang masuk lima besar sehingga dipastikan lolos ke PON.

“Untuk babak kualifikasi binaraga diikuti 120 atlet, angkat Besi 171 atlet, dan angkat Berat 142 atlet,” ujar Ketua Pengprov Pabbsi Jabar Maman Suryaman di Sekretariat Pabbsi Jabar.

Babak kualifikasi binaraga berlangsung 17-19 Agustus, diikuti angkat besi 19-24 Agustus, dan angkat berat 24-29 Agustus. Total ada 36 kelas pertandingan pada babak kualifikasi tersebut yang terdiri dari  7 kelas  binaraga, 14 kelas angkat besi, ditambah 15 kelas angkat berat 15 kelas.

“Khusus untuk angkat besi, ada 6 kelas tambahan, yang terdiri dari 3 kelas putra dan 3 kelas putri. Enam kelas tembahan tersebut untuk memfasilitasi pelaksanaan seleksi SEA Games dan Kejurnas Angkat Besi,” ujarnya.

Menurut Maman, nantinya setiap peringkat pertama dan kedua dari masing-masing kelas akan menjalani tes doping. Sementara itu, tes doping untuk peringkat ketiga akan dilaksanakan secara random. Pelaksana tes doping dipercayakan kepada Laboratorium DKI.

“Atlet yang berhak tampil di PON XX Papua nanti hanya peringkat 5 besar dari masing-masing kelas yang dipertandingkan,” tutur Maman.(srv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply