web analytics

Massa 22656 Desak Pelantikan E2L-Mantap Secepatnya

Massa 22656 Desak Pelantikan E2L-Mantap Secepatnya
Massa demo desak pelantikan E2L-Mantap

MELONGUANE, SULUTREVIEW

Massa pendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Moktar Arunde Parapaga (Mantap) kembali melakukan aksi damai, dengan tuntutan pelantikan segera dilaksanakan.

Ribuan masa yang menyebut aksi tersebut dengan 22656-Merah Putih awalnya berkumpul di area Boulevard Melonguane dan kemudian berjalan kaki menuju Kantor Bupati untuk menyampaikan aspirasinya, pada Selasa (13/8/2019).

Sempat terjadi ketegangan dan aksi saling dorong antara masa dengan pihak Kepolisian karena awalnya masa tidak diperbolehkan masuk ke halaman kantor, ketegangan kemudian meredah setelah masa diizinkan masuk ke halam kantor Bupati.

Di halaman kantor Bupati ribuan masa menyeruhkan agar E2L – Mantap segera dilantik.

Massa pendemo melakukan aksi bakar ban.

Selah seorang kordinator aksi Yahya Malensang memaparkan bahwa UU nomor 8 tahun 2015 perubahan pertama dan UU nomor 10 tahun 2016 perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2014 telah jelas terkait aturan Pilkada.

“Pilkada telah jelas dan menurut perintah negara bukan perintah Presiden, bukan perintah Gubernur, bukan perintah Mendagri dan bukan perintah Bupati, tapi itu adalah amanat konstitusi, perintah negara dan tahapan ini sudah dijalani,” jelas Malensang.

Terkait adanya temuan fakta hukum baru fatwa Mahkamah Agung yang menyatakan Elly Engelbert Lasut telah menjabat Bupati Talaud selama dua periode, Malensang menyampaikan bahwa hal tersebut tidak bisa menjadi dasar penundaan pelantikan karena tahapan Pilkada sudah selesai dilaksanakan dan E2L-Mantap telah ditetapkan sebagai pemenang.

“Ini bukan soal sidang kriminal dan pidana, tahapan Pilkada sudah selesai dan UU nomor 23 tahun 2014 disitu adalah tentang pimpinan daerah, mau Gubernur, Bupati dan Walikota, jelas. Lantik dulu, pasal 76 dan pasal 82 jelas,” ucap Malensang yang disambut riuh oleh peserta aksi.

Melanjutkan aksinya, masa kemudian mendesak agar PLH Bupati Kepulauan Talaud Adolf Binilang untuk membuat surat kepada Menteri Dalam Negeri agar segera memproses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Proses Pilkada Talaud telah selesai dan oleh Mahkamah Konstitusi E2L – Mantap ditetapkan sebagai pemenang, oleh karenanya kami mendesak kepada PLH untuk membuat surat yang ditujukan kepada Mendagri yang berisi tentang segera pelantikan diproses,” ujar Manaputty salah seorang kordinator aksi dalam orasinya di halaman kantor Bupati, Senin (13/8/2019).

Menanggapi tuntutan masa, PLH Bupati Talaud Adolf Binilang yang mendapat pengawalan ketat saat menerima aspirasi pendukung E2L – Mantap menyatakan akan segera menyurat ke Kemdagri dan akan terus berkordinasi dengan pihak Provinsi dan Mendagri terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud.

Aksi demo meminta pemerintah lakukan pelantikan kepada E2L-Mantap.

“Laporan kami segera buat tentang apa yang tadi sudah disampaikan, secepatnya kami akan menyampaikan karena saya wajib menyampaikan laporan setiap apa yang terjadi di Kabupaten Talaud apalagi menyangkut hal ini,” kata Binilang.

Usai mendengar penjelasan PLH Bupati, Manaputty kemudian melanjutkan penyampaian aspirasinya. Mewakili masa aksi Manuputy mengatakan pendukung E2L – Mantap memberikan waktu kepada pihak terkait yaitu Pemprov dan Kemendagri agar melaksanakan pelantikan paling lambat pada 15 Agustus “Kami memberikan waktu sampai pada 15 Agustus 2019,” ucapnya.

Terpantau aksi yang diwarnai dengan pembakaran ban mobil bekas dan mengakibatkan kepulan asap hitam menutupi kantor Bupati tersebut kembali memanas ketika orator meminta PLH Bupati mendengar pernyataan sikap pendukung E2L – Mantap namun PLH tidak mengubris permintaan tersebut dan langsung berjalan menuju kedalam kantor Bupati.

Masa aksi kemdian bergerak untuk menerobos blokade petugas kepolisian agar dapat masuk ke kantor Bupati. Namun ketegangan kembali redah ketika Binilang bersedia kembali dan mendengar pernyataan sikap tersebut.(Fanly)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply