web analytics

Effendi Simbolon : Pemilu Berkualitas Sebuah Harapan

Effendi Simbolon : Pemilu Berkualitas Sebuah Harapan

Jakarta, SULUTREVIEW

Anggota MPR dari Fraksi PDIP, Effendi MS Simbolon mengatakan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas merupakan sebuah harapan. “Sampai atau tidak harapan itu, terlihat setelah 17 April 2019”, ujarnya dalam ‘Diskusi Empat Pilar’, di Media Center, Gedung Parlemen, Jakarta, (22/1/2019)

Menurutnya Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Pemilu tahun ini, pemilih harus mencoblos sebanyak lima lembar surat suara. Ia pernah melakukan simulasi dan diakui sangat sulit. Untuk itu dirinya menyebut bangsa ini memasuki masa percobaan yang luar biasa.

“Proses Pemilu dengan surat suara sampai sebanyak lima lembar itu tidak sederhana. Satu jam bisa antri di TPS dan beberapa menit di TPS,” tukasnys seraya menambahkan belum lagi mengingat calon-calonnya, bisa kebalik-balik sehingga Pemilu serentak tidak mudah. Banyaknya surat suara kelak tidak hanya dialami masyarakat kalangan bawah, masyarakat terbilang terdidik pun juga akan mengalami serupa.

“Masalah Pemilu serentak sangak komplek. Bisa saja Pemilu serentak menghemat biaya namun hal demikian belum tentu sebanding dengan hasil yang nanti terjadi,” katanya. Bila ingin menghemat biaya, dirinya bertanya mengapa tidak saja menggunakan e-voting.

Di hadapan peserta diskusi, dirinya mengusulkan agar penghitungan Pemilu Legislatif lebih didahulukan dari pada penghitungan Pemilu Presiden. Alasannya, bila penghitungan suara Pemilu Presiden didahulukan dan sudah diketahui pemenangnya maka penghitungan suara Pemilu Legislatif bisa jadi terabaikan dan tidak menarik. “Untuk itu saya usul, penghitungan Pemilu Legislatif didahulukan daripada penghitungan suara Pemilu Presiden”, tegasnya.(rizal)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply