web analytics

Event Pariwisata, Selamatkan, Ekonomi Sulut

Event Pariwisata, Selamatkan, Ekonomi Sulut
Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Soekowardojo.

Manado, SULUTREVIEW

Pertumbuhan ekonomi tahun 2018 ada di level 6,01% (yoy). Angka ini menunjukkan pelambatan dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun 2017 yang mencapai 6,31% (yoy).

Pemicunya dipengaruhi sektor pertanian yang diikuti dengan anjloknya harga kopra, yang kemudian berdampak pada industri dan konstruksi.

Berbeda dengan poin komponen di atas, konsumsi pemerintah dan ekspor justru tumbuh menguat. Terutama kontribusi dari sektor pariwisata yang menunjukkan kemajuan pesat.

Dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut, Soekowardojo, penyelenggaraan event bertaraf internasional seperti Manado Fiesta, Tomohon lnternasional Festival, dan lainnya yang diinisiasi oleh pemerintah daerah diperkirakan turut berperan dalam mendorong pertumbuhan konsumsi pemerintah di tahun 2018.

“Pertumbuhan ekspor juga didorong oleh pertumbuhan wisatawan mancanegara yang tetap tumbuh kuat di 2018. Jumlah wisman tahun 2018 tercatat sebanyak 122.107 orang, naik 53,98% (yoy) dari tahun 2017 sebanyak 79.303 orang,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, Soekowardojo mengaku optimistis bahwa ekspor jasa juga diperkirakan tumbuh meningkat sebagai dampak upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisman meIaIui pembukaan penerbangan langsung menuju Manado dan rencana pengoperasian KEK pariwisata Likupang.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply