web analytics

Kodim 1312/Talaud Kembali Aktifkan Posko Siaga Bencana

Kodim 1312/Talaud Kembali Aktifkan Posko Siaga Bencana

Melonguane, SULUTREVIEW

Untuk melakukan respon cepat penanggulangan bencana, Komando Distrik Militer 1312/Talaud kembali mengaktifkan posko siaga bencana.

Diketahui belum lama ini gempa berkekuatan 7.1 SR telah mengguncang Kabupaten Talaud dan kemudian terjadi beberapa kali gempa susulan dengan skala yang lebih kecil.

Walaupun informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada.

Menjamin adanya respon cepat jika terjadi bencana, Komandan Kodim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan langsung memerintahkan jajarannya mengaktifkan kembali posko siaga bencana yang berlokasi di  Makodim 1312/Talaud.

“Pengaktifan posko siaga bencana ini merupakan langkah yang diambil untuk menjamin adanya respon cepat oleh seluruh jajaran Kodim jika nantinya terjadi bencana,” Tutur Dandim, Rabu (2/1/2019).

Dandim mengatakan unsur dan mekanisme kerja posko siaga bencana tersebut sudah disusun dan siapkan.

“Posko ini akan berperan sebagai suatu Crisis Center, yang berfungsi untuk pengumpulan data, pengolahan data, koordinasi intra dan inter instansi, serta memberikan saran atau pertimbangan kepada pengambil keputusan,” Jelas Setiawan.

Tambahnya posko siaga bencana tersebut dapat aktif selama 24 jam dalam melakukan tugas penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Posko ini kami aktifkan selama 24 jam, sehingga penanggulangan bencana bisa dilakukan secara cepat untuk meminimalisasi dampak dan risiko bencana kepada masyarakat,” Tutur Letkol Setiawan.

Dandim mengatakan, dengan diaktifkannya posko siaga bencana ini, jajarannya akan terus membangun komunikasi dengan seluruh stakeholder terkait agar sinergitas antar instansi bisa terus terjalin.(fanly)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply