web analytics

Diguncang Gempa 7.1 SR, Masyarakat Talaud Diimbau Waspada

Diguncang Gempa 7.1 SR, Masyarakat Talaud Diimbau Waspada

Melonguane, SULUTREVIEW

Gempa 7.1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sabtu (29/12/2019) tak terindikasi terjadinya tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada pukul 11:39 wita berkekuatan 7.1 Skala Ricter dan berjarak 201 kilo meter timur laut Kepulauan Talaud pada kedalaman 69 kilo meter.

Terkait gempa yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka mengatakan getaran gempa terasa hampir di seluruh wilayah Talaud, termasuk Pulau Miangas yang merupakan pulau terluar paling utara NKRI.

Namun tambahnya, getaran tersebut dirasakan relatif kecil atau lemah hampir di beberapa bagian wilayah.

“Hasil konfirmasi dari Koramil kami jajaran Kodim 1312/Talaud, dampak yang ditimbulkan hingga saat ini masih nihil, baik infrastruktur maupun personel,” terang Dandim.

“Pantauan terhadap kondisi laut pun hingga saat ini masih normal, belum ada indikasi potensi terjadinya tsunami,” tandas Letkol Setiawan.

Dandim mengatakan telah memerintahkan seluruh jajaran untuk sinergis dengan stakeholder di wilayah untuk menghimbau masyarakat agar tidak panik namun tetap selalu waspada.

Pasca gempa yang terjadi terpantau aktifitas masyarakat berjalan normal seperti biasa.(fanly)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply