KPK Lakukan Pendampingan OPD di Talaud

0
417

Melonguane, SULUTREVIEW

Tim Unit koordinasi Supervisi Pencegahan (Unit Koordinasi Sub Daerah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan koordinasi dan evaluasi bersama delapan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Talaud di aula Kantor Inspektorat Selasa (17/7/2018)

Seusai rapat koordinasi dan evaluasi yang turut dihadiri Sekda Kabupaten  Talaud Adolf Binilang, Kepala Koordinasi Sub Daerah untuk Provinsi Sulawesi Utara M Indra Furqon mengatakan unit korsubda ditugaskan untuk mendampingi seluruh pemda yang ada di 32 provinsi untuk perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Kalau dulu KPK tidak mau mengurusi tata kelola hanya main tangkap-tangkap saja, tapi sekarang KPK punya program pencegahan, pendampingan dan pembinaan,” kata Furqon.

Furqon menambahkan pihaknya akan  melakukan pembinaan semaksimal mungkin, namun kalau pembinaan tersebut tidak disambut baik, maka KPK terpaksa akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan.

Kepala Koordinasi Sub Daerah untuk Provinsi Sulawesi Utara M Indra Furqon.

“Tapi seandainya pemda sudah di bina tapi tidak mau, terpaksa yah kita binasakan,” tegas Furqon

Namun sambungnya sebisa mungkin dengan adanya korsubda masuk ke daerah dan ketika terjadi kerja sama yang baik antara pemda dan tim korsubda maka dia berharap kedepan tidak perlu ada penindakan.

Menurut Furqon saat ini KPK punya tools untuk pengawasan yaitu MCP, dan Tools tersebut baru mengakomodir delapan OPD, namun menurutnya OPD yang belum masuk di tools juga akan mendapat pendampingan KPK.

“Ke depan seluruh OPD akan  kami dampingi dan setiap pemda diminta komitmennya, baik Bupati Walikota, Gubernur harus melakukan tanda tangan kominten, harus dan disaksikan oleh Kapolda Kajati dan Pimpinan KPK,” tambahnya.
Lanjut katanya, selain eksekutif, legislatif pun harus melakukan penandatanganan komitmen tersebut karena semua pihak harus bersinergi antara KPK, eksekutif dan legislatif untuk melakukan pencegahan.

Dia berharap kehadiran KPK di Talaud dapat menunjukan keseriusan KPK untuk melaksanakan program yang sudah di canangkan oleh KPK.

“Kami berharap dengan kedatangan kami menunjukan keseriusan program ini, keseriusan KPK dalam mendampingi pemda untuk perbaikan tata kelola,” tandasnya.

“Jangan sampai kita hanya membuat program dari jauh, dan tidak menjangkau daerah – daerah yang jauh sehingga dianggap tidak serius dalam menjalankan program-program yang sudah disusun,” sebut Furqon.

Furqon menerangkan KPK telah menunjukkan keseriusan bahwa KPK melalui Korsubda hadir bersama-sama mendampingi pemda untuk memperbaiki tata kelola terutama untuk pencegahan tindakan korupsi di daerah khususnya Talaud.

Furqon mengatakan bahwa untuk melakukan pemberantasan korupsi bukan hanya tugas KPK namun semua pihak harus berperan aktif termasuk unsur pers yang berfungsi melakukan pengawasan.

“Seperti yang saya bilang tadi, ini bukan hanya tanggung jawab KPK dan pemda, rekan-rekan pers juga bertanggung jawab untuk ikut membantu pemberantasan korupsi di daerah ini,” tandas Furqon.
(fanly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here