Wagub Soroti Kinerja Guru dan Anjloknya Kualitas Pendidikan di Talaud

Melonguane, SULUTREVIEW

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandouw memberikan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya kepala sekolah, guru, tenaga non-pendidikan dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Cabang Dinas Dikda Dinas Pendidikan Provinsi Sulut yang ada di Kepulauan Talaud, Rabu (30/5/2018).

Membuka pembinaannya, Kandouw mengatakan pendidikan targetnya tiga hal yakni  ilmu, kecakapan dan nilai.

Selanjutnya dia memaparkan data terkait rangking pendidikan Sulut untuk skala nasioal dan Talaud untuk skala provinsi

“Rangking pendidikan Sulut ke-27 se Indonesia. Dan Talaud Indeks Pendidikan (IP) rangking 15 dari 15 kota/kabupaten se-Sulut. Harus ada instospeksi, guru-guru musti “bakaca”, kualitas tenaga pendidik harus diperbaiki jangan sibuk dengan proyek,” tandas Kandouw.

Ia mengingatkan, tenaga pendidik agar tidak melupakan susbtansi tugas utama selaku pendidik, selain Kandouw juga menyoroti para pengajar yang suka menenggak minuman beralkohol, karena dapat memberikan contoh yang buruk terhadap anak-anak khususnya anak didik mereka.

Menurutnya guru harus memberikan teladan yang baik kepada muridnya, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Kandouw mengatakan masalah keterbelakangan pendidikan di Kabupaten Talaud harus di perhatikan secara serius terutama oleh seluruh tenaga pengajar yang ada di Talaud. Dia juga menambahkan bahwa tahun 2019 target kelulusan UNBK 100 persen untuk Provinsi Sulut.

“Masalah pendidikan di Talaud sangatlah serius. Harus dan wajib diperbaiki kualitas tenaga pendidikan di dalamnya disiplin dan integritas karena penghargaan dari pemerintah sangat besar makanya kualitas pendidik harus segera diperbaiki,” ucap Kandouw

Ia berharap jangan sampai terjadi disorientasi di kalangan pendidik yang berbondong-bondong ingin jadi kepsek karena berharap mengelola Dana BOS dan DAK dan melupakan tugas utama yang luhur dan mulia yaitu pendidik.(Fanly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.