Pelayanan Prima Petugas Hotel, Menentukan Kemajuan Pariwisata

Kalawat, SULUTREVIEW – Kemajuan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) yang diikuti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, perlu dibarengi dengan service excellence atau layanan prima dari para petugas hotel.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulut, Daniel A Mewengkang SE MSi, petugas hotel adalah adalah aktor utama yang menentukan tamu yang datang merasa nyaman dan menyenangkan. Bahkan yang terpenting bagaimana agar dapat kembali lagi.

“Peran sektor perhotelan menjadi kunci pengembangan sektor pariwisata di daerah. Karena itu petugas pelayanan hotel diharapkan memberikan service excellent bagi para tamu atau wisatawan yang berkunjung,” kata Mewengkang di kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Petugas Hotel yang bekerja sama dengan Kemenpar RI di hotel Sutan Raja, Selasa (22/5).

Sambung Mewengkang, mengingat peran petugas hotel sangat penting, itulah sebabnya perlu dilaksanakan pelatihan sehingga menjadi petugas hotel yang profesional di bidangnya.

Senada Kepala Bidang Kelembagaan Kepariwisataan Disparda Provinsi Sulut, Dra Ivonne RJ Kawatu, dalam laporannya mengatakan tujuan pelatihan petugas hotel dimaksudkan agar antara provinsi maupun kabupaten/kota dapat bersinergi.

“Peran sektor perhotelan merupakan sarana penting yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pariwisata. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM petugas hotel sekaligus untuk mewujudkan petugas hotel yang handal dan kompeten,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan yang melibatkan petuhas hotel yang ada di Minahasa Utara dan sekitarnya, Bitung, Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud dan Kabupaten Sitaro serta sebagian Kota Manado ini menghadirkan Dr Johnny Lieke MM MH yang adalah Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulut, dengan materi Standar Operasional Prosedur (SOP) hotel. Dan tak kalah menariknya adalah Prof Dr Dra Bet El Silisna Lagarense MM Tour dari Politeknik Negeri Manado dengan materi pariwisata yang berkelanjutan.

Menurutnya, sebagai petugas hotel, prioritas yang dikedepankan adalah layanan prima kepada pengunjung atau wisatawan. “Hal itu harus dilakukan secara tulus, bukan sekedar mengandalkan SOP,” tandasnya.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.