Pertamina Pastikan Stok Avtur Aman Selama Musim Mudik

Kalawat, SULUTREVIEW – Pertamina memastikan tak hanya ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG yang menjadi perhatian selama hari besar keagamaan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Vll bahkan  menjamin ketersediaan stok avtur.

General Manager (GM) Marketing Operation Region VII, Tengku Fernanda mengatakan masyarakat yang akan mudik menggunakan pesawat tidak perlu khawatir. Pasalnya stok avtur dalam kondisi aman.

“Kebutuhan avtur dari seluruh maskapai penerbangan yang ada, tetap dalam kondisi yang cukup. Kami jamin tidak akan kekurangan kendati ada penambahan flight karena meningkatnya arus mudik,” ungkap Tengku di acara Press Conference Kesiapan Satgas BBM & LPG Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H/2018 di SPBU 74.953.03 Kalawat Jalan Ir Soekarno Desa Watutumou Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (11/5/2018).

Tengku juga mengatakan, sejauh ini rata-rata kebutuhan avtur sudah sesuai dengan permintaan kebutuhan. Bahkan dengan adanya sejumlah maskapai yang tak lagi melayani rute-rute penerbangan tertentu secara tidak langsung tidak mengurangi stok yang telah disiapkan.

“Kuota kebutuhannya jadi tidak dimanfaatkan sebab ada sejumlah maskapai yang menghentikan sejumlah rute layanannya. Jadi untuk avtur tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tandasnya.

Senada disampaikan Branch Manager Marketing Sulutenggo Daniel Alhabsy, di bidang aviasi stok Avtur pada bulan Ramadhan dan ldul Fitri 1439 H/2018 berada dalam kondisi aman.

“Konsumsi bahan bakar pesawat udara ini selama bulan Ramadhan dan ldul Fitri 1439 H/2018 di Sulawesi Utara diproyeksikan tidak mengalami peningkatan signifikan yakni sesuai dengan rata-rata konsumsi harian normal di Sulawesi Utara sebesar 173 KL/hari,” ujarnya.

Lebih jauh, General Manager MOR Vll, Tengku Fernanda kembali menambahkan, agar memastikan stok BBM dan LPG terpenuhi selama masa satgas, Pertamina juga melakukan upaya lainnya yakni optimalisasi mobil tanki dan awak mobil tanki serta menyiapkan 350 pangkalan LPG siaga.

Di sisi penyalur. Pertamina meningkatkan setoran, memberikan kredit dengan Term of Payment selama 3 hari, serta berkordinasi dengan pihak Bank persepsi agar tetap beroperasi selama libur ldul Fitri 1439 H/2018. Di samping itu Pertamina juga terus menjalin komunikasi intensif dengan pihak Dishub, Disperindag, Kepolisian, dan ESDM serta melakukan himbauan dan sosialisasi baik melalui media elektronik maupun media sosial.

“Kami juga meningkatkan layanan bagi konsumen dengan program Pembagian Takjil Gratis di beberapa SPBU wilayah Sulawesi Utara. Bagi pelanggan elpiji, terdapat program Tukar Tabung LPG 3 kg di beberapa SPBU kota Manado. Setiap konsumen yang menukar 2 tabung kosong LPG 3 kg berhak mendapatkan 1 tabung Bright Gas 5.5 kg (sudah termasuk isi) dengan hanya membayar biaya Iisi ulang senilai Rp 78.000,” ujar Tengku sembari menambahkanvPertamina berkomitmen untuk memastikan pasokan BBM dan LPG di masyarakat terpenuhi khususnya selama masa Ramadhan dan ldul F itri 1439 H/2018.

“Masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyampaikan informasi apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM dan LPG yang dapat disampaikan melalui Contact PeItamina 1-500-000 atau melalui SMS ke 0815-9-500000 dan email pcc@pertamina.com.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.