Isi BBM di SPBU, Masyarakat Dapat Kartu Uang Elektronik Gratis

0
375

Manado, SULUTREVIEW – Untuk meningkatkan transaksi nontunai atau yang dikenal dengan sebutan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) di tataran masyarakat luas, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) bersama sejumlah perbankan bakal membagikan kartu uang elektronik secara gratis.

Menariknya, kegiatan tersebut hanya dikhususkan bagi masyarakat yang ada di seputaran Manado, tepatnya yang akan melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulut, Soekowardojo, pembagian kartu uang elektronik dimulai pada Rabu (18/4/2018) hingga dua bulan ke depan.

“Promosi ini sebagai upaya untuk menggalakkan transaksi nontunai, yang manfaatnya jauh lebih praktis dan efisien. Sekaligus juga mengedukasi masyarakat,” ungkap Soekowardojo di sela Penandatanganan Memorandum of Understanding Program Kerja Sama Beasiswa BI dan Pelantikan Generasi Baru Indonesia Provinsi Sulut, Selasa (17/4/2018).

Tak itu saja, pertimbangan dipilihnya SPBU, karena penggunaan transaksi nontunai akan memudahkan pengelola SPBU. Sekaligus juga akan mempercepat proses layanan.

“Bagi konsumen transaksi nontunai sangat baik. Karena tidak perlu bawa uang cash banyak-banyak. Lebih dari itu, juga sangat bermanfaat bagi pengelola SPBU, karena uang langsung masuk ke rekeningnya,” tukasnya.

Pembagian kartu uang elektronik gratis, hanya diberikan pada konsumen yang membeli BBM nonsubsidi. Dengan jumlah nominal sebesar Rp250 ribu yang dikhususkan untuk mobil dan Rp35 ribu untuk motor.

“Pembagian uang elektronik secara gratis hanya berlaku sejak pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA,” tambah Soekowardojo.

Diketahui, upaya promosi dan sosialisasi kartu uang elektronik akan bekerja sama dengan sejumlah perbankan yakni, BCA, Bank Mandiri, BNI dan BRI.

“Bank-bank ini akan menyediakan uang elektroniknya. Dan diharapkan promosi ini akan disambut baik oleh masyarakat. Dengan demikian transaksi nontunai di daerah Sulawesi Utara akan mengalami peningkatan,” jelas Soekowardojo.

Di sisi lain, untuk kelancaran penggunaan kartu uang elektronik, pihak perbankan diminta untuk menyiapkan infrastruktur. Sehingga akan memudahkan masyarakat melakukan top-up uang elektronik.

Dikatakan Branch Manager Marketing Pertamina Sulutenggo, Daniel promo bakal disebar di 17 SPBU yang ada di Kota Manado yang sudah ada EDC.

Untuk jumlah kartu yang akan dibagi sebanyak 50 kartu, masing-masing 30 mobil dan 20 motor. Berikut produk BBM adalah non Subsidi terdiri atas Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Pertamina Dex dan Dexlite.

“Promosi mulai 18 April hingga 17 Juni 2018 mendatang,” kata Soekowardojo.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here