Dinas P3A Dorong Perempuan Terampil untuk Kemajuan Pariwisata Sulut

Manado, SULUTREVIEW – Pertumbuhan dan pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) yang dewasa ini semakin menggeliat tak lepas dari kontribusi dan peran serta perempuan.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Daerah Provinsi Sulut, Ir Mieke Pangkong MSi, karya perempuan dalam memajukan pariwisata sangat berpengaruh. Hal itu dapat dilihat dari berbagai produk yang dihasilkan, dalam bentuk souvenir dan kuliner yang saat ini berada beredar di pasaran.

“Peran serta perempuan telah memberikan kontribusi bagi pengembangan pariwisata. Hal inilah yang harus terus disupport,” kata Mieke Rabu (31/1/2018).

Kondisi sekarang yang penuh tantangan ini, lanjut Mieke, perempuan tak boleh hanya berpangku tangan, tetapi perlu memiliki ketrampilan. Karena dengan kapasitas yang dikembangkan, maka akan menjadikan perempuan pribadi yang mandiri. Sekaligus juga meningkatkan ekonomi keluarga.

“Untuk tahapan peningkatan kapasitas perempuan, banyak peluang yang dilakukan pemerintah. Antara lain dengan pelatihan-pelatihan. Mengingat pariwisata adalah multi sektor,” ungkap Mieke sembari menambahkan dengan peningkatan kapasitas perempuan tersebut, telah berhasil mengantisipasi tindak kekerasan yang kerap ditimbulkan karena masalah ekonomi.

“Ada banyak kasus tindak kekerasan yang dialami perempuan. Dan setelah ditelusuri, pemicunya adalah masalah ekonomi. Tetapi dengan pelatihan keterampilan yang diberikan, maka kasus kekerasan dapat diminimalisasi,” ujar Mieke sambil merinci bahwa tahun 2017 ada 53 kasus kekerasan yang dialami perempuan. Dan kasusnya didominasi oleh penelantaran. Dalam hal ini isteri tidak dinafkahi secara ekonomi.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.