Gubernur Pamer Kemajuan Pembangunan Infrastruktur di Hadapan Warga Kawanua USA

Manado, SULUTREVIEW – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas. Terbukti, perkembangan dan kemajuan pembangunan di Sulut berikut aktivitas ekspor-impor di pelabuhan internasional Bitung mengalami pergerakan positif.

Gubernur dalam lawatan ke Amerika Serikat (USA), khususnya kepada masyarakat Sulut yang berada di sana, berharap seluruh warga Sulut dapat mendukung sekaligus memanfaatkan setiap kebijakan sebagai peluang untuk menggerakkan perekonomian.

“Ada banyak perkembangan baru di Sulawesi Utara saat ini. Sebut saja, pelabuhan Bitung yang sudah menjadi pelabuhan internasional sehingga aktivitas keluar masuk barang berjalan lancar,” kata Olly saat menghadiri ibadah natal di GMIM USA Fontana-California, Senin (25/12/2017), melalui siaran pers.

Lanjut kata gubernur, dulunya aktivitas ekspor impor di Pelabuhan Bitung hanya dibatasi sejumlah produk seperti pakaian, barang elektronik dan hasil pertanian terbatas.

“Tetapi saat ini, pelabuhan Bitung sudah terbuka untuk aktivitas ekspor-impor lainnya, seperti produk alas kaki, mainan anak-anak, kosmetik, obat tradisional dan keperluan lainnya. Kebijakan positif itu juga diterapkan di Bandara Sam Ratulangi yang membebaskan visa untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara,” jelasnya.

Lebih jauh, kata gubernur, pertumbuhan penumpang internasional juga mengalami oeningkatan. Yakni dari Januari hingga November 2017 di Bandara Sam Ratulangi Manado tercatat tumbuh 73% dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya, dengan jumlah 152.143 penumpang.

“Kebijakan ini akan semakin meningkatkan perekonomian di Sulut,” tukasnya.

Gubernur juga mengaku optimis, menyusul seluruh proyek infrastruktur seperti jalan tol Manado-Bitung dan proyek lainnya yang sedang dikerjakan di sejumlah kabupaten dan kota di Sulut akan terus dipercepat penyelesaiannya pada tahun 2019 mendatang.

“Diperkirakan tahun 2019 nanti banyak proyek infrastruktur yang akan selesai pengerjaannya. Seperti jalan tol Manado-Bitung, jalan lingkar Manado, bendungan dan proyek lainnya. Proyek ini sangat memerlukan dukungan dari masyarakat misalnya pada saat pembebasan lahan. Tanpa dukungan masyarakat tentunya tidak akan berjalan baik,” tandasnya.

Di tempat yang sama perwakilan KJRI di California Pendekar Muda Sondakh mengingatkan masyarakat Sulut di USA agar selalu menjaga persaudaraan

“Hiduplah dalam kasih dan persaudaraan. Karena hal ini akan menciptakan kedamaian dalam hidup bermasyarakat. Bahkan kitapun akan saling tolong menolong walaupun belum saling mengenal,” ungkapnya.

Disamping itu, Sondakh juga berpesan kepada masyarakat Indonesia di USA untuk selalu mengurus dokumen kependudukannya agar terhindar dari sanksi.

“Saya juga mengingatkan masyarakat untuk memperpanjang paspor. Jangan sampai paspor yang dimiliki telah lewat masa berlakunya. Selain itu, ada juga kabar gembira. Nantinya pengurusan KTP dapat dilakukan di KJRI. Jadi tidak perlu jauh-jauh mengurusnya. Jika sudah ada pemberitahuan resmi, kami akan menginformasikannya lagi,” bebernya.

Turut hadir Ketua TP-PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DPRD Andrei Angouw bersama istri, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulut Ivonne B Silangen-Lombok, Anggota DPRD Rocky Wowor bersama istri dan Kepala Biro Umum yang juga Plt Kepala Biro PKKP Clay June Dondokambey, SSTP MAP, Pastor Chyntia Londah-Kekung, STh serta ratusan warga Sulut di USA.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.