Penguatan DPD Diharapkan Mampu Menjawab Persoalan Daerah

ªJakarta, SULUTREVIEW – Ketua Lembaga Kajian MPR, Rully Chairul Anwar, menyatakan rapat gabungan yang dipimpinnya segera menyerahkan hasil simposium nasional terkait Otonomi Daerah kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD) & fraksi-fraksi di DPR.

“Hasil kajian MPR yang dibahas dalam simposium nasional itu akan diserahkan kepada fraksi-fraksi di DPR dan DPD untuk dijadikan bahan pertimbangan penguatan DPD ke daerah-daerah,” ujarnya seusai rapat bersama seluruh (10) fraksi DPR dan DPD di Ruang GBHN Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menanggapi ini, ketua DPD, Oesman Sapta Odang (OSO) mengakui institusi yang baru dipimpinnya memiliki kelemahan sehingga perlu penguatan kewenangan untuk mengoptimalisasi peranannya di daerah. “Setiap anggota DPD seharusnya aktif mengawasi gelontoran dana desa atau daerah dari APBN,” ujarnya seusai ikut rapat tersebut.

Penguatan DPD dimaksud, jelasnya, sesuai tujuan awal sebagai bikameral bersama DPR seperti ikut merumuskan kebijakan dari persoalan yang muncul di daerah-daerah. “Itu keinginan kami. Tetapi masih panjang perjalanannnya.” (rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.