AXIQoe.com dan Pemprov Sulut Wujudkan Modernisasi Pengadaan Barang dan Jasa

IMG-20210818-WA0009

Manado, SULUTREVIEW – Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mewujudkan sistem pengadaan barang dan jasa yang transparan dan akuntabel, direalisasikan dengan menggandeng akses layanan AXIQoe.com.

PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) meIaIui Iayanan e-commerce Business-to-Business (B28) dan Business-to-Government (B2G), AXIQoe.com, mendukungnya melalui edukasi dan sosIaIisasI implementasi E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Iasa Pemerintah (LKPP) dan KomisI Pemberantasan Korupsi (KPK) bagi aparatur penyelenggara pemerintahan.

”Pemprov Sulut berkomitmen untuk mewujudkan sistem pengadaan barang yang transparan dan akuntabel. Hal ini sejalan dengan cita-cita AXI untuk bersama-sama dengan stakehoIder menciptakan ekosIstem penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih dan berintegritas dI era digitaI,” umgkap Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia, Sahat Sihomhing, Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia di sela conferensi pers di hotel Fourpoints Manado, Rabu (20/9/2017).

Lanjut kata Sahat, pengeIoIaan belanja negara erat kaitannya dengan pengadaan barang dan jasa yang harus menerapkan metode dan proses yang mengarah pada aspek transparansi, efektivitas, efisiensi dan akuntabIIItas. Proses ini dapat diwujudkan di semua pemerintah daerah (pemda) di Sulut dengan diterapkannya E-Katalog LKPP berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 dan Nomor 1 Tahun 2015.

”Layanan e-commerce B2B terdepan di Indonesia, AXIQoe.com, yang tercatat di daIam E-KataIog LKPP, jeIas merupakan piIihan tepat bagi pengelola keuangan di Iembaga pemerintahan yang ingin memaksimalkan fungsi teknoIogI digitaI untuk mengatur pengeIuaraan pengadaan barang agar Iebih efisien dan hemat biaya, tapi juga transparan dan akuntabeI. AXIQoe.com, sebagi onIine shop penyedia One Shop Office Services memberikan keunggulan dan benefit tersebut dengan value for money terbai,” sebut Sahat.

Tak itu saja, kehadiran AXIQoe.com diharapkan akan mendorong akses beianja online di kalangan B2B clan B2G lebih dinamis. Di mana jumlah pengguna internet di Sulawesi mencapai 8.5 juta orang atau mencakup 6,3% dari total 132,7 juta pengguna internet di Indonesia. Karenanya,

pembangunan infrastruktur yang diikuti dengan pengadaan Iayanan koneksi Internet kabel dan seluler di Sulut berdampak posftif bagi percepatan implementasi E-Katalog.

“Edukasi dan sosialiasi yang dilakukan AXI diharapkan dapat memperkuat keahlian dan kesiapan pengelola keuangan dalam menyusun anggaran dan keputusan pembelian yang transparan. Sekaligus juga jadi semangat hari jadi Suiut ke-53 tahun ini, kian mendorong kami untuk mewujudkan “Sulut Kerja Hebat” yang siap memodemisasi pengadaan barang secara online dan tranparan dengan mewujudkan value for money di lingkungan lembaga pemerintahan,” kata Kepala Biro lnfrastruktur dan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Jimmy Ringkuangan AP MSi.

Diketahui, E-Kataiog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa secara cepat dan mudah. Satuan kerja tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://E-Katalog.lkpp.go.id/. “Tidak seperti mekanisme pengadaan melaiui tender, pembelian melalui E-Katalog tidak ada batasan nilai pembelian dan harga yang ditawarkan pun dapat dibandingkan dan dipertanggungiawabkan,” tandasnya.

”Melalui sistem E-Katalog, waktu pengadaan menjadi lebih pendek, lebih efisien, transparan, terbuka dan tercipta persaingan sehat antar sesama rekanan. Selain Itu, dapat meminimalisir kebocoran anggaran. menghilangkan administrasi yang rumit, sehingg semua lini tentu mendukung upaya kita bersama dalam proses penyerapan anggaran pemerintah.” ujar Agus Prabowo, Ketua LKPP RI beberapa waktu yang laiu.

“Dengan menggunakan E-Katalog, tak perlu tagi repot mengadakan tender, sehingga mewujudkan kinerja yang efektif dan bahkan dapat menciptakan efislensi anggaran negara yang digunakan untuk pengadaan barang dan jasa,” tukasnya.

Menurut data LKPP, pengadaan barang dan jasa melalul sistem onltne saat inf sudah berhasif menghemat pengeiuaran belanja sekitar 10% per tahun. Penghematan tersebut dapat digunakan untuk semakin meningkatkan kuaiitas pendidikan, layanan kesehatan sens menciptakan lapangan kerja,’ pungkasnya.

Dalam layanannya AXlQoe.com sangat mengedepankan kualitas dan jaminan. Artinya ketika pesanan barang dan jasa yang diterima tidak sesuai, pihak penyedia akan menggantinya.(hilda)

banner 300x250