Ivan dan Keisy Sandang Gelar Nyong dan Noni Sulut 2017

0
893

Manado, SULUTREVIEW – Ivan OS Purukan duta Minahasa Selatan dan dan Keisy E Mawey duta Kota Manado, resmi menyandang gelar Nyong dan Noni Sulawesi Utara (Sulut) 2017.

Gelar kebanggaan tersebut dicapai setelah keduanya melewati tahapan penjurian yang sangat ketat dalam ajang pemilihan Nyong dan Noni Sulut 2017 yang meliputi aspek wawancara, penugasan, brain, beauty, behavior dan brave tersebut berhasil dilewati Ivan dan Keisy sehingga berhasil menyisihkan kontestan lainnya yang dikirim oleh kabupaten/kota.

Kegiatan yang dihelat tanggal 10-16 September 2017 di Grand Kawanua International Convention Centre Manado tersebut, sangat mengedepankan obyektifitas. Di mana peserta mengikuti karantina, pemeriksaan kesehatan hingga pembekalan diri untuk meningkatkan pengetahuan melalui informasi serta penyampaian  materi  oleh nara sumber terkait.

Tak itu saja, peserta juga melakukan kunjungan sosial ke panti asuhan di Bitung, media cetak, sekolah di Bitung, perguruan tinggi Unsrat, outbond, kunjungan ke pasar Bersehati, dan malam baku dapa bersama duta pariwisata daerah, tempat wisata budaya dan kantor Pemerintah Provinsi Sulut.

“Peserta yang ikut jumlahnya 36 orang, masing-masing Nyong 19 orang dan Noni 17 orang. Mereka dinilai selama karantina yang mencakup wawancara, penugasan, brain, beauty, behavior dan brave,” kata Ketua Panitia yang yang juga Noni Sulut tahun 1994, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw pada Malam Grand Final pemilihan Nyong dan Noni Sulut 2017, berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Ajang ini sebagai wadah bagi generasi muda sulawesi utara untuk berekspresi  dan menunjukan  bakat, kemampuannya guna berkompetisi,agar lebih mengenal serta memahami potensi pariwisata, seni, budaya, isu lingkungan serta kekhasan yang ada di Provinsi Sulut,” ungkapnya.

Lanjut katanya, pada setiap kompetisi pasti ada pemenangnya. Karenanya, yang terpilih adalah mereka yang memiliki kompetensi untuk menyandang gelar Nyong dan Noni Sulut 2017.

” Bagi saya semua adalah pemenang karena saudara-saudara akan memikul tanggung jawab besar untuk mempromosikan Sulawesi Utara dalam segala keunikanya,” jelas Kandouw sambil menambahkan bahwa peran Nyong dan Noni Sulut sebagai duta wisata bukanlah pekerjaan yang ringan.

“Untuk memposisikan diri sebagai duta-duta  daerah yang dapat mempromosikan potensi dan sumberdaya yang dimiliki Sulut di pentas nasional maupun international, bukan hal mudah. Melainkan penuh tantangan,” ucap Kandouw.

Diketahui, tim Juri pada pemilihan Nyong dan Noni Sulut 2017 adalah Ketua TP-PKK Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dengan anggota Esty dari Kementerian Pariwisata, Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat Msc DEA, Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang SE, Hanny Joost Pajouw, Tommy Waworundeng, dan Fanny Legoh.

Turut Hadir Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen bersama Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Lombok, Kepala BNN Charles Ngili, Dirut Bank Sulut Jefry Dendeng, Bupati Minahasa Jantje W Sajow.(hilda)
Hasil Penilaian Grand Final Pemilihan Nyong dan Noni Sulut (NNS) 2017

Nyong dan Noni Sulut 2017 :

Ivan O S Purukan ( Minsel )
Keisy E Mawey ( Manado )

Wakil 1 NNS 2017:
Sandy Lumanaw ( Minahasa )
Gabriella P Mandolang ( Tomohon )

Wakil 2 NNS 2017:
dr. Richard Ngangi ( Mitra )
Ribka Mandagi ( Minahasa )

Harapan 1 NNS 2017:
Try B Donda ( Boltim )
Pinkan Maramis ( Minsel )

Harapan 2 NNS 2017:
William J Setyawan ( Manado )
dr. Feiby Lumanduk ( Bitung )

Harapan 3 NNS 2017:
Jovial Timbuleng ( Tomohon )
Stevany T Ticoalu ( Manado )

Berbakat NNS 2017:
Zulfikar H R Matike ( Bolmut )
Theresa O Wurara ( Bolmong )

Favorite NNS 2017:
Fernando Pardede ( Talaud )
Winona N Laloan ( Boltim )

Iintelegencia NNS 2017:
Orlando Kaurow ( Minut )
Hanna R K Imbar ( Minut )

Persahabatan NNS 2017:
Michael R C Rumengan ( Kotamobagu )
Levy G Jeisy ( Bitung )

Kreasi Batik Tou Minahasa NNS 2017:
Joudri E Mose ( Sanger )
Fannita Posumah ( Mitra )

Fotogenic NNS 2017:
Reynaldy Lengkong ( Minsel )
Briyana B Sumilat ( Minsel)
Sumber : Panitia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here