Begini Cara Ajari Anak Berpikir Positif

Jakarta, SULUTREVIEW – Berpikir positif baik dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak karena memiliki banyak manfaat. Misalnya, seseorang jadi lebih tenang dan memandang positif dalam menghadapi masalah. Pada anak, bagaimana ya cara mengajari mereka berpikir positif?

Menurut Gisella Tani Pratiwi MPsi, melatih anak berpikir positif bisa dengan mengajari anak melihat sisi baik dari setiap kejadian. Selain itu, yakinkan juga bahwa anak memiliki kemampuan yang bisa dikembangkan.

“Ajari anak bahwa dalam hidup ada saat sedih dan juga gembira. Ada kegagalan dan juga keberhasilan,” ucap wanita yang akrab disapa Ella ini kepada detikHealth.

Ella menambahkan, selain dengan mengajari anak soal sisi baik setiap kejadian secara verbal atau ucapan, orang tua juga bisa mengajarkannya melalui sikap, film dan buku cerita.

Nah, manfaat yang akan diperoleh anak saat belajar berpikir positif pun beragam. Misalnya anak menjadi lebih siap menghadapi situasi buruk, realistis dan bisa bangkit dari situasi yang tidak menyenangkan.

“Serta anak menjadi lebih mampu mengelola emosinya untuk mencari jalan keluar,” kata Ella.

Dikutip dari Mayo Clinic, memiliki pandangan yang positif memungkinkan seseorang untuk mengatasi stres dengan lebih baik. Dengan begitu efek berbahaya dari stres pada tubuh dapat berkurang.

Orang-orang yang berpikiran positif dan optimistis juga cenderung menjalani gaya hidup sehat dengan lebih banyak aktivitas fisik, mengikuti diet sehat, dan mengurangi tingkat merokok dan konsumsi alkohol.(dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.