Dengan Nuansa Tempo Doeloe, Wanua Wongkai Bersyukur di HUT ke-155

Wanua Wongkai Bersyukur di HUT ke-155. (Foto: Tommy Polandos)

Mitra, Sulutreview – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-155 Wanua Wongkai dilaksanakan dengan sukses pada Selasa, 9 Juli 2024. Acara dimulai dengan kegiatan siarah ke makam Tonaas Kolongen, dilanjutkan dengan kunjungan ke monumen Pasak Wanua Wongkai. Pada sore hari, dilakukan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ibu Pendeta Vonie Oroh MTh, yang menekankan kemajuan yang terus dialami oleh Wanua Wongkai.

Dalam khotbahnya, Pendeta Vonie menyampaikan bahwa semua aspek kehidupan di Wanua Wongkai mulai berkembang dalam bidang infrastruktur, seperti pemasangan lampu jalan dan CCTV, serta kerjasama masyarakat dalam membangun, yang semuanya dianggap sebagai kasih dan anugerah Tuhan. Pesan dari khotbahnya menekankan pentingnya kesetiaan terhadap Tuhan dalam membangun Wanua Wongkai.

Anggota DPRD Minahasa Tenggara Sophia Antou saat membawakan sambutan mengatakan bahwa senang bisa berada di Desa Wongkai.

Kata dia, Desa yang besar tidak melupakan sejarah. Apa yang sudah ditanamkan oleh para leluhur harus tetap dijaga secara turun temurun. Sehat kuat serta hati yang mulia bersih dan bercahaya menjadi pesan penting yang disampaikan.

Asisten 1 Pemkab Mitra Jani Rolos, dalam sambutannya atas nama Bupati, menegaskan bahwa kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten. Ia juga menyoroti perubahan suasana dekorasi Tempo Doeloe yang sarat makna untuk menghargai para leluhur di Desa Wongkai.

Dalam upaya mendukung pembangunan infrastruktur, generasi saat ini di Desa Wongkai diharapkan dapat menghormati sejarah dan menghargai leluhur. Desa Wongkai kemudian terbagi menjadi dua desa, yaitu Desa Wongkai dan Wongkai Satu, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Ketua TP-PKK Mitra Elen Cumentas menekankan pentingnya menjaga alam dan mengajak untuk rajin menanam pohon guna memelihara alam dan mengurangi risiko bencana alam. Bersinergi dengan program pemerintah, TP-PKK bermitra sebagai tim penggerak untuk lebih memajukan kegiatan tersebut.

Hukum Tua Desa Wongkai, Royke Ponggohong, menyampaikan apresiasi terhadap panitia yang telah membangun kebersamaan dalam berbagai kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-155 Wanua Wongkai. “Terima kasih juga disampaikan kepada para undangan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara yang turut serta dalam kesuksesan acara tersebut, termasuk Asisten 1 Jani Rolos, Ketua TP-PKK Mitra Ellen Cumentas, Anggota DPRD Mitra Sophia Antou, dan Camat Ratahan Timur Franky Ngongoloy, Hukum Tua Desa Wongkai Satu Eiler Antou,” tandas Hukum Tua didampingi Ketua Panitia Hervian Wohos dan Sekretaris Astry Sandag. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.