Bekali PPK, PPS di Pilkada Serentak, KPU Bitung Gelar Bimtek Pemutahiran Data Pemilih dan Aplikasi E-Coklit

Bitung, Sulutreview.com– Setelah melakukan Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bitung. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus tancap Gas dalam melakukan persiapan yang matang kepada pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bitung.

Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya Bimbingan Teknis (Bimtek) Bimtek pemutahiran data pemilih dan penggunaan aplikasi E-coklit untuk pemilihan Gubernur & Walikota & wakil Walikota & Wakil Walikota di Hotel Sentra Minahasa Utara Selasa (18/06/2024).

Pantauan wartawan pada Bimtek ini, dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Deslie Sumampouw SE dan dihadiri jajaran Komisioner lainya yaitu Frangky Takasihaeng SH, Wiwinda Hamisi MS.i, Yunoy Rawung, Muhajir La Djanudin serta Sekretaris KPU Poula Tuturoong M.SI dan Para Narasumber yaitu dari pihak Polres, Kejari, Kaban Kesbang dan dari perwakilan Badan Intelijen RI Daerah Sulut.

Ketua KPU Deslie Sumampouw SE mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk menambah wawasan serta skill kepada PPK dan PPS menghadapi Pilkada, dimana akan diajarkan terkait penggunaan aplikasi E-Coklit yaitu pencocokan dan penelitian para Pemilih.

“Juga nantinya Narasumber yang ada memberikan pencerahan dan himbauan terkait fungsi Hukum dalam Pilkada nanti serta pihak Kesbang akan memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait pengaruh-pengaruh politik di lapangan nanti,” ujarnya.

Sementara itu pihak Polres Bitung yang diwakili oleh Bapak Alfons Kawang mengatakan tentu di Pilkada nanti Polres Bitung siap mengamankanya dan akan terus bersinergi dengan KPU serta Bawaslu dalam mengamankan Pilkada serentak.

Kaban Kesbangpol Drs Oktofianus Tumundo mengatakan tentu dengan direkrutnya PPK dan PPS yang pertama adalah jaga kesehatan serta harus mampu menguasai Hanphone yakni harus tau menggunakan minimal HP Android serta memiliki skill penggunaan laptop karena di Pilkada nanti PPS dan PPK adalah ujung tombak suksesnya Pilkada.

Usai agenda pembawaan Materi oleh jajaran Narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab.

Sementara itu, Komisioner Frangky Takasihaeng SH, mengatakan bahwa Bimtek ini, akan dilanjutkan besok yakni akan dilakukan simulasi Pemilihan secara langsung.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.