Hardiknas 2024, Gubernur Olly Tawarkan Siswa Program Magang ke Jepang

Suasana peringatan Hardiknas. Foto : Dkips

Manado, Sulutreview.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey bersama para siswa dan insan pendidikan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di Aula Mapalus Kantor Gubernur, pada Kamis (02/05/2024).

Pada momentum itu, Gubernur Olly melakukan dialog interaktif dengan para guru dan siswa secara daring dengan beberapa sekolah SMK Negeri di Sulut. Antara lain, perwakilan dari SMK Negeri 1 Tondano, SMK Negeri 1 Kotamobagu, , SMK Negeri 1 Ratahan dan beberapa sekolah lain.

Gubernur Olly menawarkan para pelajar SMK untuk mengikuti program magang ke Jepang. Dari dialog ini terungkap antusiasme para siswa untuk ikut program magang kerja di Jepang.

Seperti yang diutarakan perwakilan SMK Negeri 1 Ratahan. Bahwa sudah ada 22 lulusan yang saat ini sementara mengikuti magang ke Negeri Sakura. Untuk tahap selanjutnya sebanyak 60 siswa yang telah mendaftar.

Gubernur Olly memberi apresiasi sekaligus mengajak pelajar untuk ikut program magang dan berkarir di Negeri Sakura.

Dalam sesi wawancara, Dondokambey mengatakan kurang lebih sudah 300-an lulusan SMK asal Sulawesi Utara yang saat ini menjalani magang kerja di Jepang.

“Keberhasilan mereka bahkan menarik minat mahasiswa Unima yang juga telah berangkat ke Jepang,” tukasnya sembari menambahkan bahwa saat ini, ada 24 mahasiswa Unima yang bekerja di Jepang.

“Sebanyak 24 mahasiswa Unima sudah berangkat. Selama satu tahun mereka di sana, belajar tapi juga dapat uang (insentif),” ungkap Gubernur Olly.

Kadis Diknas Provinsi Sulut, Femmy J Sulut menuturkan saat ini ada sekitar 150-an orang yang sementara mengikuti pelatihan untuk bekerja ke Jepang.

“Nanti akan dibuka tahap 2, dan sudah hampir 1000 orang yang antri mendaftar,” ujar Suluh.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.