Pasca Erupsi Gunung Ruang, Gubernur Olly Minta Bantuan Perbaikan Infrastruktur

Gubernur Olly Dondokambey saat audensi dengan Kementerian PUPR

Jakarta, Sulutreview.com – Erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, telah menimbulkan kerusakan pemukiman penduduk maupun infrastruktur.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) langsung gerak cepat dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey melaporkan semua kondisi terkini dan meminta bantuan kepada Kementerian PUPR pada Senin (22/4/2024).

Keseriusan Pemerintah Pemprov Sulut dalam penanganan bencana erupsi Gunung Ruang, diharapkan secepatnya direalisasikan agar aktivitas masyarakat, nantinya, yakni pasca erupsi dapat pulih

Olly Dondokambey memberikan langsung proposal permohonan bantuan bernomor 360/24.2676/Sekr-BPBD, yang fokusnya adalah rehabilitasi dan konstruksi pasca bencana Gunung Ruang serta infrastruktur di Sulut yang ditujukan langsung ke Kementerian PUPR RI.

Diketahui, erupsi Gunung Ruang telah mengakibatkan 12.476 terdampak dan 3.598 jiwa harus mengungsi. Selain itu seluruh fasilitas dan rumah penduduk hancur total serta tidak layak lagi dihuni.

Sebanyak 3.908 rumah penduduk yang berada di Pulau Ruang dan Pulau Tagulandang rusak. 833 jiwa atau 301 kepala keluarga yang mendiami dua desa di Pulau Ruang yakni Desa Laing Petehi dan Pumpente telah dievakuasi meninggalkan Pulau Ruang.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pun rencananya akan merelokasi seluruh penduduk di Pulau Ruang ke wilayah yang lebih aman.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.