Lebaran Idul Fitri 1445H, Pertamina Jaga Kualitas dan Kuantitas BBM di SPBU

Tim Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi saat melakukan inspeksi. Foto : ist

Makassar, Sulutreview.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dan tim gabungan dari fungsi Health Safety Security & Environment (HSSE), Teknik dan Retail Sales intens melakukan monitoring ke sejumlah SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi pada 1-6 April 2024.

Kegiatan tersebut, dilakukan untuk memastikan kualitas dan kuantitas BBM yang dijual di SPBU juga sekaligus memastikan ketersediaan pasokan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan kegiatan ini sebenarnya rutin dilakukan, “Kegiatan ini rutin kita lakukan guna memastikan kualitas dan kuantitas BBM yang dijual di SPBU semuanya sesuai dengan sertifikasi, tujuannya adalah pelayanan terbaik kepada konsumen,” ucapnya.

Dalam masa Satgas Ramadan dan Idul Fitri, lebih detil Fahrougi menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut dilakukan pengecekan yang spesifik.

“Inspeksi ini dilakukan bersama tim internal lengkap untuk mengecek aspek teknis dan HSSE dalam kegiatan operasional SPBU. Seperti inspeksi seperti uji tera, pengujian kontrol kualitas dan kuantitas BBM di SPBU dilakukan dengan pemeriksaan takaran minyak dispenser menggunakan bejana 20 liter, memastikan sertifikat metrologi masih berlaku, mengukur density, memeriksa apakah tangki timbun terdapat kadar air, memeriksa sumur pantau, serta memastikan seluruh Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tersedia di SPBU masih dapat digunakan atau tidak,” terangnya.

Secara rinci sebanyak 28 SPBU yang dilakukan inspeksi yang terletak di jalur mudik, wisata, dan rawan bencana yang terdiri dari 22 SPBU di wilayah Sulawesi Selatan yaitu di Kota/Kab. Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Pinrang, Polewali Mandar, Mamuju, Sidrap, Wajo, Palopo, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur, Bone, Soppeng, Bone, Sinjai dan Takalar. Terdapat 2 SPBU di Sulawesi Utara yaitu di Kota/Kab. Manado, Tomohon, Minahasa, dan Bitung serta 2 SPBU di Kendari dan 2 SPBU di Gorontalo.

Fahrougi menambahkan komitmen Pertamina dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi konsumen, “Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjaga distribusi dan stok BBM serta LPG sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan nya di SPBU, dan pemudik dapat melakukan perjalanan mudik dengan tenang, aman dan lancar,” pungkasnya

Dirinya juga menghimbau bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik nantinya, “Kami juga menghimbau kepada Masyarakat agar melakukan pengisian BBM secara full tank di SPBU, dan bagi yang mudik agar memastikan keamanan LPG di rumah, seperti melepas regulator dari tabung,” ujar Fahrougi.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.