PLN UID Suluttenggo Sukses Berdayakan Masyarakat dengan Program TJSL

PLN realisasi program TJSL. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – PLN menjalankan proses bisnis dengan berfokus pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang seimbang dan berkesinambungan melalui empat pilar utama yang terintegrasi, yaitu ekonomi, sosial, lingkungan dan tata kelola.

Sejalan dengan misi untuk menjadi perusahaan energi yang berwawasan lingkungan, PLN telah mengawal program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam Community, Involvement dan Development (CID) berbas SDGs, sebagai bentuk komitmen peran serta dalam pembangunan berkelanjutan.

Program tersebut, berhasil diwujudkan sepanjang tahun 2023 oleh PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo).

General Manager UID Suluttenggo, Ari Dartomo menyampaikan, sebagai perusahaan milik negara, PLN berkomitmen tidak hanya berfokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga harus berdampak pada kehidupan masyarakat, dengan melaksanakan program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat.

“Tidak hanya menghadirkan listrik andal, PLN juga berkomitmen hadir untuk masyarakat dan lingkungan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutanatau SDG’s,” kata Dartomo.

Pada tahun 2023 program TJSL PLN telah melaksanakan program dengan indikator capaian untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), di antaranya untuk program bantuan pemanfaatan sumber daya kelauatan dan perikanan di kecamatan Tahuna Timur, program relawan pegawai konservasi sungai pantai di Gorontalo, bantuan bagi nelayan mesin ketinting di Tolitoli, dan peningkatan kesehatan ibu dan anak di Minahasa Utara.

Dartomo juga menyampaikan dalam menjalankan program TJSL, PLN menerapkan konsep creating shared value, yang dimana lewat program TJSL PLN tak hanya sekedar memberikan bantuan saja, tetapi juga melakukan pendampingan, upscaling skill masyarakat hingga memberikan dampak langsung.

Ia membeberkan, program TJSL PLN di bidang pendidikan, sebagai bukti dukungan PLN untuk memajukan dunia pendidikan ini dinyatakan dengan adanya program bantuan digitalisasi pendidikan di SMK Pertambangan Bungku, Sulawesi Selatan, dan bantuan peningkatan teknologi informasi pelajar, serta fasilitas internet pintar untuk mendukung teknologi digital belajar di Sulawesi Utara.

“Semangat PLN untuk menerangi negeri dengan menghadirkan akses listrik yang andal juga diikuti dengan semangat mendukung pendidikan di tanah air, sehingga bisa memberikan multiplier effect bagi kesejahteraan pelajar sebagai agen penerus bangsa,” ungkap Dartomo.

Selain itu, di tahun 2023 dalam program TJSL PLN juga turut menyatakan kepedulian sosial melalui bantuan hari raya keagamaan di Sulawesi Utara. PLN dengan komitmen memberikan kontribusi positif kepada seluruh masyarakat, dan akan terus hadir membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam aspek kelistrikan maupun melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial yang rutin dilaksanakan.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.