Wujudkan Mimpi Keluarga Pra Sejahtera, PLN Hadirkan Listrik Gratis

Listrik gratis bagi keluarga pra sejahtera. Foto : istimewa

Manado, Sulutreview.com – Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pegawai PLN melaksanakan Program Light Up The Dream dengan memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada keluarga pra sejahtera.

Program ini sudah berjalan setiap tahun, sejak 2020, dengan tujuan untuk mewujudkan mimpi masyarakat yang kurang mampu untuk dapat menikmati listrik.

Kurang lebih 132 kepala keluarga dapat menerima bantuan sambungan listrik gratis yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kanupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Tojo Una-una, dan Kabupaten Tolitoli. Dengan bantuan ini PLN melalui PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) berharap dapat mendorong kegiatan ekonomi masyarakat untuk dapat lebih maju lagi.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo meyampaikan bahwa seluruh insan PLN bersatu hati bersama berdonasi untuk memberikan momen kemerdekaan tidak ternilai bagi masyrakat pra sejahtera dapat menikamati merdeka menggunakan listrik.

“Semangat kemerdekaan terutama pemerataan kelistrikan kami bawa pada program ini, karena kami sebagai seluruh insan PLN juga terpanggil untuk berkontribusi secara pribadi untuk membawa terang bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Dartomo.

Melkisedek Tahulending, warga Desa Kawahang Lindongan 2, Kecamatan Siau Barat Utara yang kesehariannya berprofesi sebagai petani yang juga menjadi salah satu penerima bantuan tidak dapat menahan rasa bahagianya akhirnya dapat merdeka menikmati listrik. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PLN karena telah membantu dengan memberikan kami bantuan pemasangan listrik secara gratis,” kata Tahulending.

Begitu pula dengan Rudin Timpas, warga Desa Lompio, Kabupaten Banggai Laut yang kesehariannya berprofesi sebagai nelayan menuturkan rasa bahagia yang tidak kalah besar kala menerima bantuan program Light Up The Dream dari PLN. “Terima kasih PLN, akhirnya saya dapat menikmati listrik dan bisa merasakan terang di rumah saya,” tutur Timpas.

“Terima kasih PLN, selama ini kami hanya bisa menumpang listrik tetangga, karena belum mampu mengajukan pemasangan baru karena terkendala dana. Kami bersyukur program PLN bisa membantu kami dengan penghasilan yang pas-pasan ini,” ungkap Aswin, salah seorang warga pra sejahtera di Desa Tambun, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli.

Program ini Light Up The Dream ini pun menuai apresiasi dari Wakil Bupati Kabupaten Tolitoli, Moh. Besar Bantilan. “Kegiatan dengan niat mulia ini sudah sepatutnya diberikan apresiasi yang luar biasa, sehingga kegiatan yang telah digagas oleh PLN dapat terus berjalan dan dilanjutkan agar seluruh warga yang terbilang kurang mampu juga mendapatkan listrik yang layak,” ujar Bantilan.

Program Light Up The Dream telah mampu menjangkau 1.673 Rumah Keluarga pra sejahtera yang ada di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan bentuk upaya dukungan PLN terhadap program yang dirancang oleh pemerintah, di mana semua masyarakat dapat merasakan dan mengakses listrik. Semoga dengan adanya listrik ini, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian,” ucap Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.