Kadisdukcapil Mitra Piether Owu Minta Masyarakat Urus Dokumen Kependudukan

Piether Owu (Foto: Tommy Polandos)

Mitra, Sulutreview – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) minta masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan

Kadis Dukcapil Mitra Piether Owu ME mengatakan bahwa
Dokumen kependudukan, seperti akta kelahiran, akta perkawinan, KTP, dan lain sebagainya, diterbitkan berdasarkan data yang tercatat dalam adminduk.

“Tujuan utama adminduk adalah memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum melalui dokumen kependudukan dalam setiap peristiwa kependudukan yang dialami penduduk,” jelas Owu

Owu menyebutkan, dokumen kependudukan harus diurus. Seperti anak-anak yang baru dilahirkan 60 hari harus dilaporkan.

“Ganjalan perkawinan tidak dijadikan alasan untuk mengurus dokumen akte kelahiran. Apapun status orang tua, wajib dilaporkan,” sebutnya.

Selanjutnya perkawinan yang belum tercatat. Untuk warga yang baru menikah namun hanya menikah secara agama, maka dapat mengajukan permohonan perubahan status perkawinannya di Disdukcapil Minahasa Tenggara.

Adapun untuk mengantisipasi kekurangan blanko, Owu meminta masyarakat agar dapat melakukan aktivasi IKD secara online.

KTP Digital adalah Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam bentuk aplikasi digital yang diakses melalui smartphone.

“Untuk membuat KTP Digital sangat mudah. Cukup dengan mengunduh atau download aplikasi IKD oleh Kemendagri melalui PlayStore,” ujarnya.

Adapun sebelum melakukan pendaftaran jelas Owu, pastikan terlebih dahulu untuk menyiapkan beberapa hal seperti Ponsel dengan akses internet Nomor Induk Kependudukan (NIK), Alamat e-mail aktif, dan Nomor ponsel aktif.

Selanjutnya, download aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Playstore, Buka aplikasi IKD, isi data berupa NIK, e-mail dan nomor handphone lalu klik tombol verifikasi data. Verifikasi wajah dengan pilih tombol ambil foto untuk melakukan pemadanan Face Recognation. Setelah itu, pilih scan QR Code yang dapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Selanjutnya setelah berhasil, cek e-mail yang didaftarkan kode aktivasi dan melakukan aktivasi IKD. Masukkan kode aktivasi dan captcha untuk aktivasi IKD. Aktivasi selesai.

“Silahkan mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggara. Karena kami melayani untuk membahagiakan, cepat, tepat dan gratis,” tandasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.