HUT ke-78 RI, TNI AL Bersama PLN Kibarkan Bendera di Bawah Laut

Bendera Merah Putih dikibarkan di bawah laut. Foto : istimewa

Kotamobagu, Sulutreview.com – Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) lewat PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu bersama dengan komunitas pecinta lingkungan BMR (Bolaang Mongondow Raya) Forum Hijau, TNI AL Pos Angkatan Laut Labuan Uki, serta BASARNAS Manado melaksanakan kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih pantai (coastal clean up).

Acara yang mengusung tema “Laut Merdeka Sampah Plastik” ini merupakan bentuk penghayatan akan momen kemerdekaan yang terjadi pada bangsa Indonesia 78 tahun yang lalu.

Kegiatan upacara bawah laut ini dilaksanakan di pantai Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow sedangkan lanjutan kegiatan bersih pantai dilaksanakan di pesisir pantai Desa Labuan Uki.

Kegiatan dihadiri oleh Letda Laut (PM) Wijanarko, selaku Komandan Pos Angkatan Laut di Labuan Uki dan Manajer PLN UP3 Kotamobagu, Anjar Widyatama.

Anjar Widyatama menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat gotong-royong guna meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan menghormati simbol-simbol nasional serta jiwa nasionalisme.

“Kita tidak hanya merayakan kemerdekaan saja, tetapi juga harus menyadari tanggung jawab kita terhadap lingkungan alam sekitar, terutama laut yang merupakan bagian integral dari kekayaan Indonesia,” ungkap Anjar.

Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dilaksanakan oleh beberapa penyelam dari TNI AL, PLN dan juga BASARNAS Manado. Bendera Merah Putih yang megah dikibarkan di atas permukaan air laut oleh beberapa orang penyelam yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Pemandangan ini tidak hanya membangkitkan semangat nasionalisme, tetapi juga menunjukkan betapa pentingnya menjaga alam laut yang kaya akan biodiversitas serta sebagai promosi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Usai melakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut, personel TNI AL yang bertugas di Pos Angkatan Laut Labuan Uki melakukan bakti sosial. “Kegiatan bersih pantai ini merupakan wujud nyata kepedulian kita terhadap lingkungan dan alam sekitar. Semoga melalui aksi ini, kita bisa memberikan contoh positif kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai,” ujar Wijanarko.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pesan tentang pentingnya kebersihan pantai, tetapi juga mengingatkan masyarakat akan makna sebenarnya dari kemerdekaan. Semangat gotong-royong dan rasa cinta terhadap tanah air tergambar jelas dalam aksi ini. Kegiatan ini berhasil menginspirasi banyak orang untuk terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dan memupuk rasa cinta pada Indonesia.

Ditemui di tempat terpisah, General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo memberikan komentar bagaimana pihaknya tengah konsisten dan intensif dalam hal gerakan pelestarian lingkungan. “Acara ini tentunya menjadi gerakan lanjutan yang luar biasa dari gerakan-gerakan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Semoga dapat benar-benar memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Dartomo.

Sudah tidak dipungkiri lagi, PLN memang sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan dan pesisir pantai. Hal ini tertuang dalam tujuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN. Dan sudah begitu banyak program yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Berbagai informasi terkait program-program ini dapat diakses langsung pada menu PLN Magazine pada aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.