Pesan Olly, RS Pratama Dumoga Hadirkan Layanan Kesehatan Berkualitas

Gubernur Olly Dondokambey saat meresmikan RS Pratama Dumoga. Foto : istimewa

Bolmong, Sulutreview.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey meresmikan Rumah Sakit (RS) Kelas D Pratama Dumoga yang terletak di Desa Modomang, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolmong, Senin (19/06/2023).

Dikatakan Gubernur Olly, rumah sakit merupakan sarana dan prasarana dasar bagi masyarakat Bolmong, karenanya, merupakan tugas pemerintah untuk berada di tengah kehidupan masyarakat. Yakni, untuk mempermudah pelayanan kesehatan.

“Perlu kita berikan apresiasi, karena kita semua menyadari bahwa akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah hak setiap warga negara. Rumah Sakit Kelas D Pratama Dumoga, menjadi penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas,” ungkap Gubernur Olly.

Olly berharap, agar rumah sakit mampu menyediakan perawatan yang produktif, preventif, kuratif dan rehabilitif. “Untuk itu, pemerintah Bolmong dapat berkomitmen untuk menyediakan akses layanan kesehatan yang merata dengan standar tinggi, terutama dalam upaya penyediaan sarana dan prasarana pembangunan di Provinsi Sulut,” tukasnya.

Dijelaskan Olly, saat ini, pihaknya telah meneken perjanjian kerja sama yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding dengan Kementerian Kesehatan dan rumah sakit pusat untuk menjadi pengampu bagi rumah sakit yang ada di Sulut. Termasuk rumah sakit ODSK dan RSUP Prof RD Kandouw.

Gubernur Olly Dondokambey saat meninjau RS Pratama Dumoga

“Rumah sakit daerah akan ditopang penuh oleh tenaga medis dari rumah sakit pusat seperti RS Cipto, RSIA dan Rumah Sakit Otak Nasional, yang akan mem-back up secara umum untuk tenaga medis yang ada di Sulut,” ujarnya.

Selain itu, terkait layanan BPJS Kesehatan, Olly mengingatkan masyarakat untuk memiliki kepedulian, khususnya yang telah di-cover atau ditanggung pemerintah, agar memperhatikan masa aktifnya.

“Untuk pelayanan masyarakat, kita mengajak 15 kabupaten/kota full memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Memang belum 100 persen, karena baru 70 persen. Masyarakat harus melaporkan apabila habis masa aktifnya, untuk diperbarui datanya,” katanya sembari menambahkan kehadiran rumah sakit Pratama Dumoga dapat menjadi rumah sakit rujukan, sehingga Sulut semakin maju dan sejahtera.

“Mari kita jaga rumah sakit ini dengan baik, mudah-mudahan masyarakat semakin sadar dengan kesehatan,” pungkasnya.

Hadir pada peresmian, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Debie Kalalo.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.