HUT ke-16 Kabupaten Mitra, Prof Sompie Orasi Leadership dalam Peran Budaya

Rektor Unsrat Prof Berty Sompie. Foto : istimewa

Mitra, Sulutreview.com – Peringatan HUT ke-16 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diawali dengan Rapat Paripurna DPRD yang dihadiri langsung Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng IPU, pada Selasa (23/5/2023).

Pada kesempatan itu, Rektor Prof Berty Sompie mendapat kehormatan untuk berorasi dengan tema perspektif ilmiah yang berjudul “Leadership dalam Peran Budaya”.

Ia menjelaskan keberhasilan suatu institusi pemerintahan dalam mengemban tugas sebagai lembaga eksekutif bukanlah semata-mata tertuju kepada output.

“Tetapi harus pula dinilai melalui proses identification of needs, sehingga fungsi penyelenggaraan pemerintahan dapat menjawab setiap kebutuhan masyarakat yang akhirnya outcome dari tindakan pemerintah dapat dinikmati oleh masyarakat Minahasa Tenggara,” katanya.

Ledearship dalam perspektif ilmiah, lanjut Prof Sompie, berbicara tentang bagaimana individu mempengaruhi, mengarahkan dan memotivasi kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

“Perspektif ilmiah tentang kepemimpinan dalam peran budaya mencerminkan pentingnya konteks budaya dalam memahami dan menerapkan kepemimpinan yang berhasil,” ujar Prof Sompie.

Suasana HUT Kabupaten Mitra

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw, memberikan apresiasi atas kinerja Bupati James Sumendap, di mana dari sisi Good Government, yang di dalamnya ada low enforcement, Ia menyampaikan Kabupaten Mitra, pada 10 tahun lalu, dari sisi pendidikan dan kesehatan jauh tertinggal.

“Namun saat ini, fakta empirisnya, berdasarkan capaian indeks pembangunan manusia, tingkat kemiskinannya 14 persen, sekarang tinggal satu digit. Untuk menguranginya bukanlah hal yang mudah. Kini, di usia 16 tahun, yakni di akhir kepemimpinan, pembangunan Kabupaten Mitra, tetap on the track. Apakah akan dihentikan atau lanjutkan, itu bergantung pada masyarakat,” ungkapnya.

Turut hadir, Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Mitra, Forkopimda serta tokoh masyarakat.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.