Tren Pergerakan Penumpang Bandara Sam Ratulangi Naik 44%

Ilustrasi.(Foto : istimewa)

Manado, Sulutreview.com – Tren pergerakan penumpang Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, sepanjang bulan Januari 2022 mengalami peningkatan.

Tercatat pada bulan Desember tahun lalu sebanyak 111.221 penumpang tiba dan berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado atau naik 12% jika dibandingkan dengan bulan Desember 2020, meskipun secara total pergerakan penumpang masih turun 1% jika dibandingkan tahun 2020.

Peningkatan pergerakan penumpang nampaknya masih terus berlanjut hingga bulan Januari 2022, terlihat pada jumlah penumpang yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 107.906 penumpang atau naik 44% dibandingkan tahun lalu.

“Pergerakan penumpang selama bulan Januari 2022 merupakan penumpang arus balik periode Natal dan Tahun Baru kemarin. Hal ini terlihat melalui pergerakan didominasi oleh penumpang domestik yang berangkat yakni mencapai 57.684 penumpang,” ungkap General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai.

Sementara itu, tercatat untuk pergerakan pesawat tidak mengalami peningkatan yakni sama dengan tahun lalu sebanyak 1.172 dengan pergerakan pesawat domestik mencapai 1.136. Pada pergerakan kargo selama bulan Januari 2022 terjadi penurunan sebesar 8% atau total 1.278 ton.

“Selama bulan Januari 2022 pergerakan kargo masih menurun namun kami optimis dengan beroperasinya penerbangan direct call kargo rute Manado – Narita, pergerakan kargo dapat berangsur kembali naik,” ujar Minggus.

Saat ini program direct call kargo rute Manado-Narita dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8800 yang beroperasi sekali seminggu yakni pada hari Rabu. Sedangkan untuk penerbangan internasional bagi penumpang, masih beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh maskapai Scoot Tigerair dengan jadwal regular rute PP Singapore (SIN)-Manado (MDC) pada hari Rabu dan Jumat.(srv)

[

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.