Pemprov Sulut Tuntaskan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ASN

Asisten III Asiano Gammy Kawatu saat menutup kegiatan pelatihan.(foto : istimewa)
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menilai penting akan kualitas dan sumber daya manusia dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Sulut, adalah melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP).

Bacaan Lainnya

Asisten III Asiano Gammy Kawatu mengatakan melalui pelatihan tersebut ASN Pemprov Sulut akan semakin kompeten di bidangnya.

“Selesainya PKA dan PKP ini, akan membawa optimisme tersendiri dalam aktualisasi pembangunan daerah ke depan. Karena peserta PKA dan PKP akan semakin kompeten, berkualitas, profesional, sekaligus semakin kapabel mengemban jabatan yang dipercayakan,” kata Kawatu saat menutup kegiatan PKA dan PKP tahun 2021 di aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (21/10/2021).

Semua aparatur, sebut Kawatu, terlebih pejabat struktural pemerintahan terus dituntut memiliki kompetensi kepemimpinan operasional dalam memimpin unit kerjanya, yaitu kemampuan untuk merancang suatu perubahan, dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil signifikan.

Disamping itu, diharapkan juga mampu mengaktualisasikan proyek maupun aksi perubahan yang telah disusun dalam PKA dan PKP.

“Sehingga dengan konsistensi dari penerapan inovasi, proyek maupun aksi perubahan di masing-masing unit instansi, secara bersama-sama kita mampu mempercepat laju pembangunan daerah, di setiap sendi dan sektor yang ada, untuk Sulawesi Utara yang semakin hebat, semakin maju dan sejahtera,” tandasnya.

Dia menambahkan bahwa waktu yang diambil dari peserta tidak sedikit, karena harus meninggalkan keluarga dan tugas.

“Saya berharap ada progres yang terjadi dan itu membantu pak Gubernur dan Wakil Gubernur dalam proses percepatan melaksanakan tugas,” ujarnya.

“Karena pejabat pengawas dan pejabat administrator adalah tulang punggung dalam kegiatan suatu organisasi. Dia akan menjadi hebat ketika memiliki keinginan yang sama untuk bekerja lebih hebat dan semuanya untuk diabdikan ke masyarakat,” tambahnya.

Kawatu mengucapkan selamat kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan

“Terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara, kepada para narasumber maupun widyaiswara, yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan PKA dan PKP Tahun 2021,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Marhaen Royke Tumiwa mengatakan di penghujung kurikulum PKA dan PKP, para peserta yang hadir agar menunggu atas jawaban yang sudah mereka lakukan kurang lebih 70 hari.

“Dengan berbagai proses intraksional dilakukan para peserta sehingga perjalanan dinamika proses pembelajaran yang mereka ikuti PKA dan PKP dari total yang ada 48 orang 23 peserta PKA dan 25 peserta PKP,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BKD Femmy Suluh, Widyaiswara dan peserta PKA dan PKP.(srv)

banner 300x250