Perkuat Prokes, Ganip dan Olly Lepas Gerakan Mobil Masker

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat melepas gerakan mobil masker untuk masyarakat di Provinsi Sulut, Sabtu (09/10/2021). Foto : Anthoni Purukan
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito, bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey melepas gerakan mobil masker untuk masyarakat di Provinsi Sulut, Sabtu (09/10/2021).

Gerakan mobil masker ini merupakan bentuk dukungan dan penguatan pemerintah pusat terhadap daerah, terutama meningkatkan kesadaran tentang pentingnya protokol kesehatan (prokes) demi mencegah penularan Covid-19.

Ganip bersama Olly melepas 37 unit mobil masker yang berisikan total 500 ribu masker, 100 ribu hand sanitizer, 100 ribu sabun batang.

Dari 37 unit mobil masker ini nantinya akan disalurkan melalui BPBD Provinsi 5 unit, Manado 4 unit, Tomohon 1 Unit, Bitung, 2 unit, Minahasa 1, Minut 3 unit, unit, Minsel 2 unit, Mitra 2 unit, Bolmong 2 unit, Boltim 1 unit, Bolsel 1 unit, Bolmut 1 unit, TNI 6 unit, Polri 6 unit.

Pada kesempatan itu, Ganip menjelaskan, gerakan mobil masker merupakan program Satgas Penanganan Covid-19, yang tujuannya adalah memberikan edukasi, sosialisasi dan mitigasi dari penularan Covid-19.

“Gerakan ini sebagai implementasi dari pelaksanaan program Satgas Penanganan Covid-19 dalam bidang perubahan sikap perilaku, dalam bidang relawan dan bidang komunikasi publik, yang tujuannya adalah membiasakan masyarakat lebih disiplin penggunaan masker dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” jelas Ganip.

Dia menyebutkan, melalui edukasi, sekaligus juga sosialisasi terhadap prokes, khususnya di dalam penggunaan masker. Berikut edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker yang benar dan membiasakannya untuk beraktivitas sehari-hari.

Masker sebagai bagian dari alat protokol kesehatan menurut Ganip memiliki analogi yang sama dengan fungsi dan kegunaan payung.

“Payung tidak bisa menghentikan hujan, namun payung bisa melindungi diri manusia dari hujan, sama seperti penggunaan masker, sehingga penggunaan masker memiliki arti penting bagi seseorang agar terhindar dari paparan Covid-19.

“Masker dan vaksin tidak bisa menghentikan atau menghilangkan Covid-19 di muka bumi ini. Tapi masker bisa mengurangi atau menghindari keterpaparan kita dari Covid-19 dan vaksin bisa membantu melindungi diri dari Covid-19 secara fatal apabila terpapar Covid-19,” jelas Ganip.

Gubernur Olly yang turut mendampingi Ganip, sangat menyambut baik program dari pemerintah pusat yang disuport penuh BNPB.

Melalui momentum ini, Olly berharap masyarakat di Provinsi Sulut semakin memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjalankan prokes Covid-19. Dalam artian, meski pun kasus telah landai namun, tetap melindungi diri dengan tetap menggunakan masker.

“Untuk saat ini, kita salurkan masker ke tiga kota yaitu Manado, Bitung dan Tomohon. Selanjutnya, untuk kabupaten lainnya akan segera menyusul,” tandasnya.(srv)

banner 300x250