Pulihkan Ekonomi, BSG Launching Kredit BOHUSAMI

Launching BOHUSAMI untuk pemulihan ekonomi. Foto : istimewa
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – PT Bank SulutGo (BSG) melaunching Kredit Bohusami (Kur Mikro Kecil) yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat, (24/09/2021).

Launching tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulut 2021.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE dan Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, hadir langsung pada moment penting tersebut, juga Kepala OJK SulutGoMalut, Darwisman, bupati dan walikota se Sulut, perbankan dan lembaga teknis terkait.

Gubernur dalam sambutannya menjelaska TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait yang dibentuk untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera

TPAKD diharapkan mampu mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah dan juga mencari terobosan untuk membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat.

“Bahkan diharapkan dapat meningkatkan akses pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam menggunakan produk dari jasa keuangan sehingga tidak lagi berfikir untuk mencari akses lain yang tidak resmi didalam menambah modal dengan bunga tinggi,” katanya.

Dia juga mengajak kepada perbankan agar terus menjalin kemitraan dengan Pemprov Sulut, agar perekonomian bisa lebih meningkat lagi di masa yang akan datang.

Menurutnya dengan bekerja dan bersinergi, maka program peningkatan perekonomian akan memberi manfaat bagi masyarakat Provinsi Sulut.

“Saya sangat mendukung adanya TPAKD di Sulawesi Utara karena program TPAKD secara umum sangat bersentuhan langsung pada upaya peningkatan akses industri jasa keuangan dengan UMKM, kredit melawan rentenir dan kampanye literasi dan inklusi keuangan,” ujar Olly.

Melalui pengukuhan TPAKD akan menggerakkan ekonomi rakyat demi memaksimalkan potensi wilayah Sulut masa pandemi.

“Apresiasi atas segala bentuk perhatian dan kerja sama yang diberikan oleh perbankan terutama OJK dalam mendukung TPAKD Sulut, untuk mendorong tercapainya sasaran inklusi keuangan dalam meningkatkan kemakmuran masyarakat luas,” sebut Olly.

Kepala OJK SulutGoMalut Darwisman, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sulut, atas dukungan dalam pembentukan TPAKD Sulut.

TPAKD Sulut yang telah dikukuhkan agar segera menyusun program kerjanya terutama dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Hendaknya kita tetap produktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga kita tidak mengalami krisis ekonomi,” kata Darwisman.

Darwisman berharap aktif dan fokus dalam pemulihan ekonomi serta mengoptimalkan pelaksanaan program kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara wajib mendukung kegiatan TPKAD. sehingga harapan kami, bapak Bupati, bapak Walikota selaku tim anggaran bisa memperhatikan kendala-kendala program dari TPAKD.

“TPAKD ini dibentuk untuk membantu masyarakat, utamanya petani, peternak, nelayan dan UMKM, serta mendukung ekonomi kreatif untuk mendukung pengembangan pariwisata di dearah/kota bisa bangkit. Dengan demikian, dibutuhkan dana untuk kegiatan tersebut, jadi kita harus meningkatkan UMKM kita berbasis Digital, apalagi dalam situasi saat ini,” ujar Darwisman.

Selanjutnya, gubernur bersama pimpinan bank menyerahkan secara simbolis fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) dari BSG, yakni Bohusami Ba Kobong, debitur, usaha budidaya sereh wangi, Bohusami Ba Ternak, debitur, usaha penggemukan sapi, Bohusami Ba Tibo, debitur usaha jual pakaian di pasar.(srv)

banner 300x250