Bersama PDAM, Maurits-Hengky Raih Top Pembina BUMD se-Indonesia

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Sepak terjang Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar. Ternyata tak hanya fokus dalam menjalankan sebagai Top Eksekutif saja di Kota Cakalang.

Akan tetapi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berada di Kota Cakalang Bitung Sulawesi Utara (Sulut) menjadi tanggung jawab dipundaknya untuk membina dan mengarahkan serta menjadikan BUMD sebagai suatu usaha yang benar-benar qualified berjalan sesuai aturan konsideran hukum yang ada.

Buktinya belum lama ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota menerima penghargaan dari TOP BUMD sebagai Pembina BUMD 2021 terbaik se-Indonesia atas suksesnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Duasudara Bitung mendapatkan sederet penghargaan dari Top BUMD yang diserahkan langsung oleh Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2021, M. Lutfi Handayani MM,MBA yang pelaksanaannya di laksanakan di Hotel Raffles Jakarta. Jumat, (10/09/21).

Diketahui Sebanyak 200 BUMD terbaik di Indonesia dari ± 1.149 BUMD mengikuti kegiatan secara langsung.

Selain itu 172 BUMD mengikuti proses penilian Wawancara secara Virtual. Di malam Penerima Penghargaan Salah satu BUMD terbaik yang menerima piala dan Sertifikat yaitu PDAM kota Bitung yang di hadiri langsung oleh Dirut PDAM Kota Bitung, Raymond Luntungan, ST.MSi.

Dirut PDAM Kota Bitung, Raymond Luntungan ST MT kepada awak media mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara TOP BUMD, Karena PDAM kota Bitung terpilih sebagai salah satu BUMD terbaik di Indonesia.

“Mewakili pemerintah kota Bitung dan seluruh karyawan PDAM Dua saudara mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan semoga ini menjadi motivasi kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Adapun Kriteria yang menjadi Penilian Dewan Juri yaitu 4 aspek dari Bintang 1–5, di antaranya ;

1.Pencapaian Kinerja Bisnis, baik dan berkelanjutan meliputi :
− Memiliki kinerja keuangan, human capital, pemasaran, dan layanan pelanggan yang baik.
− Pencapaian kinerjanya, mengarah pada pencapaian Visi – Misi BUMD-nya.
− Memiliki aspek kepemimpinan dan sistem manajerial yang baik.

  1. Terus melakukan perbaikan, meliputi :
    − Memiliki inovasi bisnis secara umum
    − Ada upaya perbaikan sistem / business process
    − Meningkatkan efisiensi & efektivitas operasional/bisnis, yang ditunjang dengan Teknologi.
  2. Berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, meliputi :
    − Memiliki peran dalam peningkatan perekonomian/ kesejahteraan sosial/ layanan public kepada masyarakat daerah
    − Mendukung program Pemerintah Daerah dan/atau Program Pemerintah Pusat di daerah
    − Berkontribusi dalam setoran PAD (untuk BUMD yang murni profit oriented).
  3. Memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis dimasa Pandemi / Kenormalan Baru, meliputi :
    − Memiliki strategi / inovasi untuk menjaga kelangsungan bisnis/ layanan konsumen dimasa Pandemi COVID-19/Kenormalan Baru
    Dari hasil penilian dewan juri tersebut PDAM Dua saudara Kota Bitung mendapatkan tiga  penghargaan sekaligus.

Sementara itu, untuk PDAM Duasudara Kota Bitung yaitu TOP BUMD Awards 2021 # STAR 4 PDAM Dua saudara Kota Bitung dan TOP CEO BUMD 2021 Raymond Luntungan, ST., M.Si ( Direktur).

Kegiatan ini, turut di hadiri oleh Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2021 M. Lutfi Handayani, MM., MBA, Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA, Keynote Speech Wakil Gubernur Lemhanas Marsdya TNI Wieko Syofyan, Keynote Speech Menteri BUMN Erick Tohir, B.A., M.B.A., Keynote Speech Menteri Dalam Negeri yang di Wakili oleh Kepala Badan Litbang, Kemendagri Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur dan Bupati / Walikota dan Direktur BUMD. (zet)

banner 300x250